icon-category Technology

Tiga Teknologi Canggih Ini Siap Jadi Tren 2017

  • 03 Jan 2017 WIB
  • Bagikan :

    Tahun 2016 menjadi salah satu tahun dengan berbagai inovasi teknologi yang megubah cara kita hidup, bekerja dan bermain. Memasuki tahun 2017 segudang teknologi yang baru diperkenalkan di 2016 akan menjadi tren dan sekaligus mengubah hidup kita.

    Mulai dari pergesaran virtual asisten dari di smartphone ke lingkungan di rumah dan masih banyak inovasi lainnya. Berikut beberapa tren teknologi yang akan mengubah hidup Anda di 2017, dilansir dari Digital Trend:

    1. Internet of Things (IoT)

    Internet of Things (IoT) sebetulnya telah diperkenalkan beberapa tahun silam, hanya saja masih ada masalah yang harus diselesaikan agar realisasinya tidak terhambat.

    Rumah pintar merupakan salah satu contoh penerapan IoT.  Sebuah teknologi nirkabel sekarang ada untuk melayani kebutuhan rumah pintar, seperti Zigbee, Z-Wave, Bluetooth, Wi-Fi, dan banyak lagi.

    Dan masih ada lagi platform rumah pintar yang bisa menjadi pertimbangan, yakni Wink, SmartThings, Iris oleh Lowe, bahkan sistem dari penyedia keamanan seperti ADT dan merek besar seperti Comcast.

    Teknologi yang menjadi tren di 2017. [Shutterstock]

    Sementara sentralisasi dalam teori yang seharusnya membuat segalanya lebih mudah, kerap masih menjadi masalah. Beberapa gadget smart home tidak bekerja dengan platform rumah pintar tertentu, misalnya, lampu Philips Hue tidak bekerja dengan Iris Anda dengan sistem Lowe.

    Kini rumah pintar akan lebih memfokuskan dengan penggunaan Wi-Fi sebagai teknologi jaringan nirkabel teruji dan router melayani sampai jumlah bandwidth yang semakin besar, sehingga ada banyak ruang di rumah yang dapat terhubung. Perangkat rumah pintar baru juga akan memaksimalkan kompatibilitas.

    2. AI dan Otomasi Kini Dimana-mana

    Otomasi sebenarnya bukan merupakan hal baru, tapi dengan inovasi penempatannya mulai meluas. Di tahun sebelumnya, sebagian besar masyarakat masih awam dengan berbagai bentuk otomasi. Tapi tahun ini, akan mulai terbiasa.

    Layanan pelanggan otomatis tidak akan pergi, dan akan menjadi semakin baik. Pada saat yang sama, layanan pelanggan online juga akan otomatis juga, berkat AI yang lebih baik dan chatbots yang memahami konteks jauh lebih baik dari sebelumnya.

    Teknologi yang menjadi tren di 2017. [Shutterstock]

    Semakin banyak pekerjaan juga akan otomatis. Salah satu wilayah yang menarik dengan penggunaan sistem otomatis adalah makanan cepat saji. Di tahun lalu, banyak restoran makanan cepat saji menghapus komponen manusia dari layanan makana.

    Selain itu, pengiriman pesawat tak berawak otomatis juga harus melihat pengujian yang lebih luas pada akhir tahun, seperti yang dilakukan Amazon.

    Sayang, inovasi ini masih menimbulkan banyak keluhan. Salah satunya, banyak pihak yang khawatir pekerjaan bisa hilang. Pembatasan otomatisasi akan menjadi sesuatu yang lebih dibaha di tahun ini.

    3. Maraknya Makanan Sintesis

    Sumber daya alam menjadi salah satu yang tidak dapa diperbarui dan sifatnya semakin terbatas. Para ilmuwan terus mengerjakan membuat makanan dari bahan sintesis.

    Solyent adalah salah satu contohnya. Sementara bubuk nutrisi telah hadir sekitar hampir dua tahun lalu. Soylent memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan orang-orang, tapi sayang sulit membangkitkan selera.

    Hal ini menjadi pekerjaan rumah para ilmuwan. Salah satu kemungkinan makanan sintesis yang dapat meningkatkan selera makan adalah Beyond Meat, sebuah perusahaan yang mulai demo protein kacang, ekstrak ragi, jus bit, dan zat burger seperti minyak kelapa pada akhir tahun lalu.

    Teknologi yang menjadi tren di 2017. [Shutterstock]

    Aneka makanan ini telah tersedia di beberapa supermarket pilihan seperti Whole Foods. Perusahaan lain, Impossible Foods, tengah mengerjakan hal yang sama.

    Makanan sintesis lain yang bersumber dari aneka tumbuhan adalah telur dan daging. Dari semua makanan sintesis yang hadir, burger vegetarian akan menjadi pilihan di supermarket.

    Kehadiran makanan sintetis pada dasarnya menjadi jawaban masalah makanan di dunia dan membantu kita makan makanan sehat.

     

    Berita Terkait:

    Tags : Teknologi tren 2017 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini