home ×
Digilife

Tips Agar Tak Kena Tipu Akun Twitter Palsu Customer Care Bank

16 March 2021 By
Tips Agar Tak Kena Tipu Akun Twitter Palsu Customer Care Bank
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Menyusul banyaknya penipuan menggunakan akun-akun bot di sosial media Twitter dengan mengatasnamakan customer care bank tertentu, Ismail Fahmi sebagai pemerhati media sosial sekaligus Founder dari Drone Emprit and Media Kernels Indonesia memberikan penjelasan yang sangat mendetail mengenai penipuan ini.

Entah sudah berapa korban yang tertipu. Oleh karena itu Ismail dan Drone Emprit memberikan saran bagi pihak Bank untuk mengatasi hal ini agar tak terus menerus terjadi. Saran ini ia tulis pada akun twitternya @Ismailfahmi.

 

“Ini sedikit saran dari Drone Emprit buat @BNICustomerCare untuk menyelamatkan nasabahnya. Intinya: beri peringatan kepada nasabah kemungkinan adanya penipuan,” tulis Ismail.

Saran-saran lainnya adalah sebagai berikut:
- Bikin bot yang mendeteksi kemunculan reply dari akun penipu; gunakan pola yang sering mereka gunakan, dan terus diperbarui, misal adanya keyword “BNI LiveChat”.

- Setiap ada reply dengan keyword di atas dan bukan dari akun resmi @BNICustomerCare, otomatis reply postingan tersebut dengan peringatan kepada publik. Ismail juga memberikan contoh peringatan yang bisa digunakan oleh pihak bank

Dengan solusi simple ini, diharapkan nasabah yang akan tertipu dapat segera mendapat peringatan dari Bot BNI yang resmi sehingga nasabah bisa cepat menyadari kalau mereka menjadi target penipuan.

Tips bagi Nasabah Bank
Selain memberi saran bagi pihak bank, Ismail dan Drone Emprit juga memberikan tips bagi para nasabah yang melakukan komplain ke pihak bank di sosial media khususnya Twitter.

- Jangan pernah lapor ada masalah di media sosial (Twitter, IG, Facebook) melalui timeline akun CS bank karena akan diintip oleh penipu.
- Kalau terpaksa, kirim DM saja ke akun centang biru, lebih aman.

Dengan adanya saran dan tips ini, semoga para nasabah lebih teliti lagi apabila mendapat balasan dari akun-akun bot yang menyerupai pihak bank yang mereka komplain.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id