home ×
Lifestyle

Delapan Kiat Memulai dan Membangun Online Shop

21 July 2017 By
Delapan Kiat Memulai dan Membangun Online Shop
Share
Share
Share
Share

Saat ini, banyak sekali ragam bisnis toko online Indonesia. Pertumbuhan online shop rasanya sulit dibendung lagi, mengurangi pamor bisnis tradisional. Anda mau ikut mencicipi peluang bisnis online dengan memiliki toko online? Jangan khawatir, peluangnya masih terbentang luas.

Perlu diingat, setelah Anda memiliki toko online, tidak berarti Anda langsung bisa moncer dan meraup omzet usaha miliaran. Agar toko online yang Anda didirikan bisa bertahan dan meraih sukses, Anda perlu merencanakan dengan baik kelebihan dan keunggulan toko online yang akan Anda bangun.

Selain itu, Anda mesti mengetahui cara meningkatkan penjualan atau omzet toko online Anda sehingga toko onlinemu benar-benar bisa mendatangkan keuntungan buat Anda.

Jika kamu ingin memiliki toko online, coba kiat dari Halomoney.co.id berikut ini:

1. Kenali Konsumen
Sebelum Anda mendirikan toko online, Anda harus bisa mengenali konsumen yang akan menjadi target market Anda. Mengenali konsumen sasaran ini sangat penting bagi kelangsungan online shop Anda. Apakah akan menyasar konsumen anak-anak, anak-anak millennial atau kelompok konsumen dewasa.

Dengan sasaran ini, Anda bisa menyuguhkan promosi atau design dan user experience yang sesuai dengan segmen pasar online shop Anda.  Dengan memahami hal ini, tentu saja kita akan mampu meraih perhatian dan loyalitas pelanggan.

2. Pilih Produk yang Tren
Selain konsumen, hal penting lain yang harus diperhatikan adalah menetapkan jenis barang akan ditawarkan di online shop. Sebaiknya Anda selalu menyediakan produk yang sedang menjadi tren di pasar yang kamu tuju. Contohnya, jika memiliki online shop mainan anak-anak, setiap bulan Anda harus melihat mainan yang sedang menjadi trend dan memasukkannya ke dalam online shop.

Belakangan, misalnya, sedang tren mainan spinner untuk anak-anak, maka di bulan Juli ini kamu segera berjualan mainan tersebut. Jangan lupa, Anda harus memanfaatkan tren ini untuk meningkatkan omzet usaha online shop.

3. Membandingkan Harga
Salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh toko online, terutama toko-toko online yang baru launching adalah membandingkan harga. Pada akhirnya, harga akan menjadi faktor utama yang akan menentukan tingkat penjualan toko online Anda. Jadi akan lebih bijaksana kalau sebelum menentukan harga sebuah produk, Anda perlu tahu dulu berapa harga pasaran produk tersebut di luar sana.

Hal ini terlihat sepele dan mendasar namun banyak sekali kasus dimana para pengelola toko online melupakanya. Jadi jangan malas membandingkan harga online shop lain agar online shop Anda tetap bisa bersaing.

4. Waktu Upload
Kenali prime time waktu dimana orang akan mencari barang yang kita miliki. Oleh karena itu, pengenalan konsumen dan pemilihan jenis produk harus dipahami terlebih dahulu untuk meningkatkan penjualan toko online. Selain itu, perhatikan kemudahan dan layanan bagi konsumen dalam membeli barang-barang di online shop Anda. Jangan sampai proses pembelian berjalan lambat sehingga konsumen meninggalkan online shop Anda.

5. Promosi dan Iklan
Hal ini merupakan salah satu hal yang paling mendasar yang harus dilakukan semua bisnis. Maka dari itu kita harus punya budget untuk promo dan iklan. Usahakan melakukan branding sebaik mungkin meskipun toko kita kecil karena hal ini nantinya akan sangat berpengaruh apalagi kalau sampai toko kita berkembang pesat.

6. Sistem Pembayaran
Jangan lupa untuk membuat sebuah sistem pembayaran yang saling menguntungkan. Selain Anda yang diuntungkan, para konsumen juga harus merasa aman dan nyaman saat bertransaksi di online shop Anda. Jika memuaskan, para konsumen nantinya akan kembali lagi di toko online kita. Jika memang tidak mampu melakukan itu, ada banyak jasa pembayaran online yang bisa kita gunakan.

Kamu bisa menggunakan pembayaran melalui online banking maupun via ATM ke rekening pribadi atau rekening perusahaan. Setelah pembayaran dilakukan, segera lakukan konfirmasi ke konsumen agar konsumen merasa nyaman.

7. Berikan Testimoni
Testimoni ini merupakan hal yang bisa meningkatkan angka penjualan produk di toko online. Usahakan untuk meminta testimoni dari konsumen yang puas dengan palayanan toko online Anda sehingga testimoni ini bisa meyakinkan konsumen lain untuk percaya pada toko online Anda. Pada akhirnya kepercayaan konsumen adalah salah satu kunci utama kesuksesan sebuah toko online.

8. Memanfaatkan e-commerce marketplace
Meski Anda telah memiliki toko online sendiri, sebaiknya tetap memanfaatkan situs-situs marketplace untuk berjualan produk-produk atau jasa yang Anda jual. Contohnya situs marketplace yang popular saat ini Bukalapak, Tokopedia, Elevania, dan lain-lain. Situs-situs ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan penjualan. Pelajari lebih detil lagi kiat memasukkan produk dan berjualan di situs marketplace tersebut.

 

Artikel Halomoney lainnya:

Pinjaman Tanpa Jaminan Terbaik 2017

Membandingkan Pinjaman Usaha di HaloMoney.co.id

Published by

 

Berita Terkait:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id