Digilife

Tips Kembalikan Akun Twitter yang Kena Suspend

  • 18 October 2021
  • Bagikan :
    Tips Kembalikan Akun Twitter yang Kena Suspend

    Ilustrasi foto: Twitter (Souvik/Unsplash)

    Uzone.id Suspend Account atau akun Twitter yang ditangguhkan menjadi salah satu permasalahan yang banyak dialami para pengguna Twitter. 

    Akun yang ditangguhkan biasanya akan mendapat notifikasi saat pengguna mencoba masuk ke akun mereka. Jumlah followers dan following juga akan berubah menjadi nol, begitupun tweet dan replies yang akan lenyap secara seketika.

    Akun yang kena suspend juga tidak bisa melakukan aktivitas seperti membuat tweet, membalas tweet orang lain, pembatasan like, retweet dan follow.

    Baca juga: Cara Remove Follower Twitter Tanpa Ketahuan

    Beberapa penyebab akun yang ditangguhkan adalah adanya pelanggaran yang dilakukan si pengguna, misalnya spam topik yang sama dalam jumlah yang banyak dan waktu yang berdekatan, follow dan unfollow banyak akun dalam satu waktu, menebar hate speech, atau mengupload konten sensitif termasuk konten yang memiliki copyright.

    Untuk mengembalikan akun Twitter yang terkena suspend, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. 

    Akun yang ditangguhkan selama batas waktu tertentu

    Akun yang ditangguhkan untuk waktu tertentu biasanya mengalami pelanggaran cukup ringan seperti terlalu banyak memfollow orang lain dalam waktu berdekatan. Biasanya, akun ini akan ditangguhkan selama beberapa saat, misalnya selama tiga hari.

    Untuk kasus suspend ringan seperti di atas, pengguna hanya bisa menunggu hingga batas waktu habis. Selama penangguhan, pengguna akan dibatasi dalam aktivitas like, retweet dan follow.

    Memverifikasi dan membatalkan penangguhan

    Untuk kasus lain, akun pengguna akan ditangguhkan dan diminta untuk memverifikasi kembali kepemilikan akun tersebut dengan memasukkan data-data yang dulu didaftarkan ketika membuat akun tersebut.

    Pengguna akan diminta untuk memverifikasi bahwa mereka bukanlah bot dengan cara melakukan verifikasi nomor handphone. Bagi pengguna yang masih menggunakan nomor ponsel yang sama, tentu ini ini jadi hal mudah. Tapi, lain cerita bagi pengguna yang nomor ponsel terdaftarnya sudah tidak dipakai.

    Untuk mengembalikan akun Twitter yang di suspend, caranya klik Start atau Mulai pada peringatan yang ditampilkan saat kalian mencoba log in ke Twitter. 

    Setelah itu, masukkan nomor ponsel yang terhubung dengan akun kalian, setelah itu kalian akan mendapat ‘Confirmation Code’ dari Twitter.

    Selanjutnya, masukkan kode konfirmasi tersebut dalam kolom yang disediakan oleh Twitter. Lalu lakukan verifikasi CAPTCHA sesuai petunjuk, kemudian klik ‘I’m not a robot’ dan tekan Continue atau Lanjutkan.

    Menghubungi langsung pihak Twitter

    Cara ini bisa dilakukan oleh akun yang kena pelanggaran berat. Untuk mengembalikan akun yang kena suspend, satu-satunya cara adalah menghubungi dan meyakinkan pihak Twitter secara langsung.

    Caranya, klik ‘Go to Twitter.com’ pada notifikasi suspend yang dikirim ke akun kalian. Setelah itu, scroll ke bagian bawah lalu klik ‘File an appeal’ untuk mengajukan banding.

    Klik tulisan login dan masukkan username, email atau nomor hp dan password akun kalian lalu log in. setelah itu, pilih perangkat yang kalian pakai untuk mengakses Twitter, seperti Android, iPhone, iPad, web dan lainnya.

    Selanjutnya, tuliskan penjelasan dan alasan mengapa akun kamu harus dipulihkan kembali di kolom ‘description of problem’. Setelah selesai, masukkan data pribadi seperti nama, username Twitter, email, dan nomor hp. 

    Baca juga: Apple Hapus Aplikasi Quran, Perintah dari China

    Klik Continue untuk lanjut ke Google reCAPTCHA. Selanjutnya, klik tombol Submit. 

    Kalian akan mendapat notifikasi bahwa laporan telah masuk dan mendapat email yang meminta kalian untuk membalas pesan tersebut. Kirim pesan konfirmasi bahwa kalian memiliki akses ke akun kalian.

    Terakhir, kalian tinggal menunggu balasan dan keputusan dari pihak Twitter mengenai penangguhan akun kalian, baik itu dicabut penangguhannya atau ditangguhkan secara permanen.

    Dalam beberapa kasus, akun Twitter yang ditangguhkan akan kembali dalam waktu 3 bulan atau lebih lama.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini