home ×
Digilife

Tips Mempersiapkan Ujian Berbasis Aplikasi di Pijar Sekolah

11 June 2021 By
Tips Mempersiapkan Ujian Berbasis Aplikasi di Pijar Sekolah
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Uzone.id - Pandemi COVID-19 telah mendorong banyak orang untuk melakukan berbagai aktivitas dari rumah, termasuk belajar dan mengajar. Guru dan murid juga terpaksa melakukan ujian secara online. Tidak lagi menggunakan kertas, ujian kini dilakukan dengan dengan mengandalkan internet dan gadget.

Menariknya, teknologi sudah semakin berkembang saat ini. Ada beragam platform yang mempermudah guru dan murid menggelar kegiatan belajar dan mengajar. Salah satu platform tersebut, yakni Pijar Sekolah. Untuk mengadakan ujian secara online, guru bisa melakukannya dengan mudah berkat kehadiran fitur Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi (USBA) di Pijar Sekolah.

USBA merupakan aplikasi ujian berbasis aplikasi. Karena itu, fitur ini bisa dirasakan oleh orang-orang yang tinggal di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T). Tentu, kehadiran fitur ini ibarat angin segar bagi dunia Pendidikan tanah air di tengah pandemi COVID-19.

USBA sekilas mirip dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), karena dapat memperlihatkan hasil ujian secara langsung. Lebih dari itu, USBA juga menghadirkan pembahasan atas jawaban dari soal-soal ujian yang dapat dilihat langsung pada akhir ujian atau ketika ujian telah dinilai oleh guru.

Soal ujian juga dapat dibuat oleh guru dan dapat disimpan di Pijar Sekolah. Di sisi lain, para murid dapat mengakses soal melalui gadget dengan mudah. Guru juga bisa memeriksa hasil ujian dan penilaian dilakukan secara otomatis.

Untuk lebih jelasnya, berikut tips untuk guru dalam menggunakan dan memaksimalkan fitur USBA di Pijar Sekolah.

Masuk ke aplikasi Ujian Pijar Sekolah

Langkah pertama yang harus dilakukan guru untuk mempersiapkan ujian berbasis aplikasi, yakni guru harus masuk ke aplikasi Ujian Pijar Sekolah. Guru harus login menggunakan username dan password yang telah diberikan.

Pilih soal yang telah dibuat

Tahap berikutnya, guru perlu memilih menu Pembuatan Konten Soal, kemudian klik Pilih Soal File dalam format Document Word. Lalu, pilih soal yang telah dibuat.

Pilih PROSES

Klik PROSES, kemudian pilih tanda pembatas garis lurus. Setelah itu, klik SIMPAN pada pop up format penanda soal.

Tentukan tanggal ujian dan lainnya

Guru menentukan tanggal ujian, mata pelajaran, dan kelas atau jurusan kemudian klik Lanjutkan. Di kolom GURU PEMBUAT, nama guru tidak dapat diganti. Lalu, klik LANJUTKAN.

Klik PRATINJAU

Setelah semua data sudah benar, klik PRATINJAU. Di sini, guru dapat memeriksa kembali soal-soal yang sudah diunggah ke aplikasi. Jika soal-soal tersebut sudah benar, klik tombol Close di sudut kanan atas layar.

Pilih SIMPAN SOAL

Langkah terakhir, yaitu guru perlu klik SIMPAN SOAL untuk menyimpan soal pada Paket Soal/Bank Soal. Pastikan soal tersebut sudah tersimpan. Untuk mengecek, guru bisa klik opsi Paket Soal/Bank Soal di kolom Exam/Ujian pada kiri layar.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id