home ×
Technology

Tips Pasarkan Produk Lewat Instagram Bisnis

07 March 2019 By
Tips Pasarkan Produk Lewat Instagram Bisnis
Share
Share
Share
Share

Media sosial Instagram memiliki beragam fitur yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk menggaet konsumennya. Lewat akun Instagram Bisnis, pengusaha (yang mikro sekalipun) dapat menggunakan berbagai fitur agar produknya lebih dikenal oleh publik.

Country Director of Facebook Indonesia Sri Widowati mengatakan, Instagram berupaya membantu para pelaku usaha di Indonesia menjangkau konsumennya lewat karya-karya visual.

“Yang perlu diingat adalah bagaimana kreativitas dan perniagaan bisa jadi satu di Instagram. Jadi, platform ini bisa mendorong bisnis menjadi lebih maju lagi,” ujar Sri saat ditemui di Kantor Facebook, Jakarta, Selasa (5/3).

Sri mengatakan, Facebook telah melakukan survei terhadap 2.500 pengguna Instagram. Hasilnya, sebanyak 90 % pernah berkomunikasi dengan bisnis di Instagram, 76% pengguna pernah membeli dari brand di Instagram, dan 81 % pengguna berniat mempelajari bisnis lewat Instagram.

(Baca: Instagram Klaim 70% Pengguna Akun Bisnisnya Serap Tenaga Kerja)

Lebih lanjut Sri menambahkan, pihaknya terus berkomitmen untuk membantu interaksi antara pelaku bisnis di Instagram dan konsumennya agar lebih maksimal. Ia pun membagikan beberapa tips untuk memasarkan produk lewat fitur bisnis di Instagram. Berikut adalah tipsnya.

1. Penggunaan tanda pagar (tagar) atau hashtag.

Fitur tagar dapat mempermudah pengguna menemukan banyak hal di Instagram. Saat ini, tagar merupakan senjata utama yang masih jarang digunakan. Namun, Anda harus tetap menggunakannya secara bijak.

Pelaku bisnis sebaiknya menghindari penggunaan tagar dengan jumlah terlalu banyak. Selain itu, usahakan untuk menggunakan tagar khusus yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan.

2. Pahami perilaku pengguna lewat fitur Insight.

Instagram menyediakan Insight bagi setiap profil bisnis di Instagram. Hadirnya fitur ini dapat membantu pelaku bisnis memahami karakteristik audiensnya dengan lebih baik lagi.

(Baca: Amankan Pemilu, Facebook Tolak Iklan Politik dari Luar Indonesia)

Lewat fitur ini pelaku bisnis bisa menemukan waktu yang tepat untuk mengunggah konten serta berapa banyak konten yang harus diunggah dalam satu hari.

Pengguna juga tidak perlu khawatir karena dengan adanya algoritma khusus dari Instagram, meskipun mengunggah 10 konten bersamaan, pengikut tidak akan merasa terganggu dengan unggahan tersebut. Algoritma tersebut akan menampilkan postingan secara bertahap kepada semua pengikut.

3. Manfaatkan Feed, Stories, Live hingga IGTV.

Pelaku bisnis harus menunjukkan ciri khasnya dan bisa membangun interaksi yang baik dengan konsumennya. Mereka juga perlu memaksimalkan berbagai fitur Instagram lainnya seperti Feed, Stories, Live hingga IGTV.

Selain itu, pelaku bisnis juga bisa memasang iklan di Instagram dengan biaya mulai dari Rp 20 ribu.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id