home ×
Telco

Trafik Data Melonjak 95%, XL Axiata Sukses Lewati Masa Krusial

21 June 2018 By
Trafik Data Melonjak 95%, XL Axiata Sukses Lewati Masa Krusial
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Masa lebaran, mulai 8-17 Juni 2018, diangap masa krusial bagi operator seluluer seperti XL Axiata. Karena 10 hari itu, trafik pengguna data naik drastis.

Beruntung, XL bisa melaluinya dengan mulus. Tercatat, terjadi lonjakan trafik data hingga sekitar 30% dibanding hari biasa, dan 95% dibandingkan tahun lalu.

Khusus untuk trafik layanan 4G, naik hingga 45%.

Baca: 4G LTE XL Selimuti Jalur Mudik
 
“Lebaran memang selalu menjadi momen yang krusial bagi kami sebagai penyedia layanan data dan telekomunikasi,” ujar Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya, melalui keterangan resminya.

Menurut Yessie, kenaikan trafik data di Lebaran kali ini merupakan kelanjutan dari trend kenaikan data dalam beberapa tahun terakhir di momen yang sama.

Trafik data tertinggi selama periode 10 hari tersebut didominasi antara lain oleh trafik data  streaming (video dan musik) mencapai 47%.

Berikutnya secara berurutan adalah web browsing 16%, Instant Messaging 13% dan media sosial (medsos) 12%
 
Sementara itu, untuk layanan VoIP naik 20%. Bersama instant messaging.

Baca: Infografis Penyebaran BTS di Jalur Mudik

Penggunaan aplikasi Facebook Messenger meningkat hingga 55%, GoogleDuo 20%, Hangout 16%, dan Whatsapp 15%.
 
Selain itu, kenaikan trafik yang sangat signifikan juga terjadi pada akses ke layanan penunjuk rute jalan seperti Waze dan Google Map, yaitu masing-masing 55% dan 135%.

Dari sisi lokasi, kenaikan trafik data tertinggi terjadi di area Tasikmalaya sebesar 115%, Kuningan 110%. Selanjutnya Sampang - Madura dan Balikpapan masing-masing 95%, Garut 90%, Banyuwangi 77% dan Sumenep - Madura 75%.
 
Data per tanggal 15 Juni 2018 atau Lebaran hari pertama menunjukkan jumlah pelanggan di Jabodetabek yang berpindah ke wilayah lain mencapai sekitar 25%, terbanyak dibandingkan wilayah lain.

Tahun ini, lebih dari 97% area pada sepanjang tol dari Jakarta hingga Surabaya, sudah terlayani dengan jaringan 4G LTE. Sementara itu untuk jalan raya non tol pantai utara Jawa dari Jakarta hingga Surabaya telah ter-cover layanan 4G LTE hingga sekitar 95%, dan jalur non-tol Pantai Selatan mencapai sekitar 90%. Begitu juga untuk jalur Kereta Api Jakarta – Surabaya 90% terlayani 4G LTE.
 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id