icon-category Digilife

Twitter Godok 2 Fitur Baru, Apa Saja?

  • 08 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Benjamin Dada @dadaben_/Unsplash

    Uzone.id - Twitter sedang mempersiapkan beberapa fitur baru di waktu dekat. Berbeda dengan fitur edit yang tak kunjung hadir, 2 fitur ini dijamin berguna banget buat warganet saat main Twitter.

    Fitur apa saja? Yang pertama adalah fitur tweets per month dan juga fitur yang memungkinkan warganet mengunggah berbagai jenis konten dalam satu cuitan.

    Terlihat gak penting-penting amat sebenarnya, tapi bagi pengguna setia Twitter, dua fitur ini akan mengurangi struggle warganet ketika ingin bikin konten di platform burung biru tersebut.

    Fitur baru ‘tweet per month’

    Fitur ini sudah mulai terlihat sekitar satu bulan lalu dan sedang dalam tahap pengujian, bahkan baru-baru ini beberapa pengguna sudah mendapat akses ke fitur baru ini.

    Sama seperti namanya, fitur ini bakal menunjukkan aktivitas kalian saat main Twitter selama satu bulan. Ya, fitur ini akan menghitung cuitan kalian selama satu bulan ke belakang. 

    Sebelumnya, Twitter sudah menampilkan jumlah cuitan warganet namun itu adalah jumlah keseluruhan saat main Twitter. Jumlah cuitan ini muncul di menu profil pengguna.

    Nah, fitur baru ini bakal sangat berguna bagi mereka yang ingin pamer kalau mereka aktif bersuara di platform tersebut, disisi lain juga bakal bikin mereka yang terlalu ‘berisik’ di Twitter sadar diri.

    Baca juga: Instagram Perluas Fitur NFT ke 100 Negara, Termasuk Indonesia

    Ada juga alasan lain kenapa fitur ini perlu ada, fitur ini bisa berguna sebagai penentu ketika berteman dengan seseorang di Twitter. Kalau dia nge-tweet sampai ribuan kali sebulan alias terlalu banyak nge-tweet, kalian mungkin harus membisukan mereka. 

    Atau, kalian juga bisa mem-unfollow mereka yang tak memberikan tanda-tanda kehidupan karena jarang nge-tweet selama satu bulan ke belakang.

    "Ini adalah bagian dari eksperimen yang sedang berlangsung, di mana kami ingin mencoba menyediakan lebih banyak konteks mengenai frekuensi Tweet akun, yang mana ini bisa membantu orang membuat keputusan tepat saat ingin terlibat dengan akun lain," kata juru bicara Twitter, dikutip dari TechCrunch.

    Twitter juga ingin pengguna lebih ‘berisik’ lagi di platform ini, karena berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2019, hanya sebanyak 10 persen pengguna yang membuat 80 persen cuitan di platform ini. Sisanya, hanya memposting sekitar 2 kali sebulan.

    Fitur berbagai jenis media dalam satu Tweet

    Nah, kalau fitur yang satu ini bakal bikin pengguna gak kesulitan lagi saat ingin nge-tweet foto, video, GIF dalam satu cuitan.

    Saat ini, Twitter hanya memperbolehkan pengguna membuat tweet berisi satu jenis media saja, misalnya foto saja, video saja, dan GIF saja. Ya, walaupun kalau foto bisa memuat 4 media sekaligus, tapi pengguna kadang ingin memuat foto dan video dalam satu cuitan yang sama.

    Fitur ini juga sedang dalam pengerjaan, dilansir dari The Verge, nantinya pengguna bisa melampirkan foto dan video ke satu tweet yang sama.

    Baca juga: Waduh, Harga Langganan Twitter Blue Premium Bakal Naik

    Tapi, Twitter belum memberikan respon apa-apa terkait fitur baru ini. Jika benar dirilis, ini bakal jadi fitur yang banyak digunakan dan disambut dengan baik oleh para pengguna. 

    Selain dua fitur ini, Twitter juga dilaporkan sedang menguji beberapa fitur lain, termasuk terkait fitur Pronouns di platform ini. Ada juga fitur ‘award’ yang katanya bakal jadi cara baru pengguna Twitter untuk mendapatkan cuan dari platform, tapi belum diketahui apakah fitur ini hadir untuk publik atau eksklusif untuk pengguna Twitter Blue.

    Karena masih dalam masa pengujian, mari kita tunggu kabar dan update lebih lanjut soal fitur-fitur ini ya dan tetap ikuti berita terbaru di Uzone.id!

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini