Startup

Usai Dapat Pendanaan, Ini Inovasi yang Lagi Digarap Cakap

  • 23 December 2020
  • Bagikan :
    Usai Dapat Pendanaan, Ini Inovasi yang Lagi Digarap Cakap

    Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

    Uzone.id - Cakap, platform pembelajaran bahasa online di Indonesia, resmi mendapatkan suntikan dana USD3 juta (sekitar Rp42,8 miliar) dalam putaran Seri A+ pada Rabu (23/12). Sejalan dengan pendanaan ini, Cakap juga tengah mengembangkan dua produk utama.

    Pertama, produk untuk pasar anak-anak dengan Cakap For Kids. Ini merupakan produk pembelajaran bahasa Inggris online dan interaksi langsung untuk anak-anak berusia 4-12 tahun, sebagai solusi bagi orang tua yang tidak dapat membawa anak-anak mereka ke pusat pendidikan offline selama protokol adaptasi kebiasaan baru.

    Fokus lainnya adalah memperdalam Cakap Upskill. Ini adalah pelatihan secara online dengan interaksi dua arah untuk topik pembelajaran yang luas, seperti marketing dan mata pelajaran terkait ilmu informatika.

    Menurut Tommy Yunus, Co-Founder dan CEO Cakap, kunci kesuksesan selama pandemi ini adalah mengerti lansekap Indonesia untuk menciptakan solusi edukasi yang akurat dan dapat menyelesaikan problem sebenarnya di target market.

    Baca juga: Daya Pikat Perusahaan Digital RI yang Tak Pernah Luntur Meski Pandemi

    Ia berpendapat, akses pendidikan berkualitas tinggi tidak hanya diperlukan oleh murid-murid di kota besar, tapi juga di seluruh kepulauan Indonesia, termasuk kota-kota tingkat tiga dan daerah terpencil.

    “Kami sangat bersemangat menjadi bagian dari transformasi pembelajaran digital di Indonesia, membantu mendemokratisasi akses ke pendidikan berkualitas dan di jangka panjang, meningkatkan derajat hidup orang-orang,” ujar Tommy.

    Lebih lanjut, ia memaparkan, Indonesia menjadi salah satu pasar pendidikan terbesar di dunia dengan lebih dari 3 juta guru di 300.000 sekolah. Bersamaan dengan itu, Indonesia juga memiliki lebih dari 60 juta siswa yang semakin melek internet dari hari ke hari.

    Di Asia Tenggara, pendanaan EdTech terus mendapatkan momentum, dengan pendanaan yang meningkat sebanyak tiga kali lipat pada tahun 2019, dan meningkatnya adopsi perangkat EdTech dengan rekor pertumbuhan di Asia Tenggara.

    Baca Juga: Tokopedia Dorong Lebih Banyak Perempuan Terjun ke Dunia Teknologi

    Sementara itu, terkait pendanaan terharap Cakap, putaran Seri A+ dipimpin oleh Heritas Venture Fund, dan juga partisipasi dari Strategic Year Holdings dan beberapa investor terkemuka lainnya. Investor-investor petahana, seperti Investidea Ventures dan Prasetia Dwidharma juga turut berpartisipasi dalam putaran ini.

    Menurut Charis Goh, Direktur Heritas Capital, Cakap telah menciptakan solusi yang unik dan relevan untuk pasar Indonesia, dan inilah waktu yang terbaik dengan semakin banyaknya orang Indonesia dan murid-murid yang semakin melek internet hari demi hari.

    “Perusahaan ini menawarkan proposisi impact yang menarik dengan menyediakan akses pendidikan berkualitas yang terjangkau, dan kami menantikan saatnya untuk berkerjasama dengan tim untuk mendukung perusahaan ini dalam perjalanan mereka mengembangkan solusi pendidikan ke seluruh Indonesia,” ungkapnya.

    VIDEO: Jalan-Jalan ke Gudang Pintar TokoCabang dari Tokopedia

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini