home ×
Telco

Versi Berbayar Zoom, Google Meet, WebEX dan CloudX, Ini yang Irit Kuota Internet

18 June 2020 By
Versi Berbayar Zoom, Google Meet, WebEX dan CloudX, Ini yang Irit Kuota Internet
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Uzone.id)

Uzone.id - Tidak sedikit perusahaan yang mulai merogoh kocek lebih untuk mendapatkan layanan berbayar video telekonferensi. Ragam alasannya pun banyak, mulai dari soal keamanan, durasi lebih panjang hingga kapasitas peserta lebih besar.

Soal keamanan, bahkan Zoom pun terang-terangan berkata layanan yang gratisan tidak seaman yang versi berbayar. Bagi beberapa perusahaan, keamanan itu tentu saja menjadi hal penting.

Baca juga: Waduh, Pengguna Gratisan Zoom Gak Aman

Mulai banyaknya pengguna meeting virtual di Indonesia yang upgrade layanan berbayar ini menarik Tim internal Uzone.id, untuk melakukan pengujian terhadap beberapa layanan video telekonferensi versi premium tersebut.

Kami pun memilih Zoom, Google Meet, CloudX dari Telkomsel, dan Cisco WebEx. Ketiganya dipilih berdasarkan tingkat popularitasnya diantara pengguna layanan video telekonferensi di Tanah Air.

Untuk pengujian kali ini, kami tidak membandingkan dari segi harga paket yang ditawarkan. Karena menurut kami, pemilihan layanan biasanya merupakan berdasarkan kebijakan masing-masing perusahaan.

Sehingga, kami lebih menekankan kepada hasil pemakaian kuota data internet, sebab melibatkan pengguna dari segala level.

Untuk metode pengujian kami menggunakan jaringan seluler dari Telkomsel serta Indosat dan fixed broadband dari IndiHome lalu FirstMedia.

Metodologi

Pengujian dengan simulasi rapat virtual ini dilakukan dengan durasi 10 menit, semua mode di layanan video telekonferensi kami aktifkan semua fitur seperti video, suara dan sharing presentasi (share screen). Selain saling berbicara dan melihat, para peserta juga masing-masing menyampaikan 1 menit simulasi presentasi.

Untuk jumlah pesertanya sendiri, mencapai 6 orang dengan beragam perangkat seperti, smartphone (iPhone XR), tablet (iPad Mini 5), dan laptop (Windows). Test dilakukan dengan cara serial per use case per aplikasi video telekonferensi.

Sebagai informasi, penghitungan kuota data internet menggunakan aplikasi native atau bawaan dari smartphone. Agar hasilnya mendekati valid, kami me-reset dahulu semua data statistik penggunaaan data internet dari bawaan masing-masing perangkat.

Sementara untuk perhitungan menggunakan laptop berbasis Windows, tim internal Uzone.id menggunakan tools Netbalancer. Perhitungan konsumsi data mulai diambil saat rapat dimulai, dan berakhir setelah pertemuan selesai.

Khusus di laptop kami menghitungnya dengan cara menghitung posisi mengunduh dan mengunggah selama rapat berlangsung.

Nah, dari pengujian tersebut, berikut hasil yang bisa kami paparkan dari pengujian Tim internal Uzone.id

Cisco WebEx

Layanan video telekonferensi dari Cisco ini membanderol harga paket paling murah sebesar USD 13.50 atau setara Rp 191 ribu per host per bulan. Sementara paling mahalnya adalah paket Bussines dengan banderol USD 26.95 atau setara Rp 382 ribu.

Nah, dengan paket paling murah, kami pun melakukan pengujian melakukan simulasi rapat selama 10 menit, dengan menggunakan iPhone XR berbasis iOS 13.

Saat melakukan virtual meeting tersebut, suara dan video kami hidupkan, dengan  melakukan presentasi atau screen share. Hasilnya, layanan Cisco WebEx ini menghabiskan kuota data sebanyak 131 MB.

Sementara untuk pengujian dengan memanfaatkan layar lebih besar di browser desktop, didapatkan angka pemakaian kuota data untuk layanan ini adalah 36.3 MB untuk download dan 107 MB untuk upload.

Kami juga melakukan pengujian di perangkat ‘tengah’, layar tidak terlalu besar dan tak kecil juga, yang ada pada iPad Mini 5.

Tim Uzone.id memanfaatkan tablet tersebut, saat melalukan rapat virtual secara dengan metode yang sama tersebut, hasilnya menghabiskan kuota data 117 MB.

Sekadar informasi, tim Uzone.id Melakukan rapat virtual ini memanfaatkan video call berlualitas High Definiton untuk bertatap muka.

Zoom Virtual Meeting

Layanan yang sedang naik daun sejak Work From Home digaungkan, selain menawarkan paket free alias gratis juga memberikan fitur tambahan mulai dari USD 14.99 per bulan atau setara Rp 212 ribu hingga USD 19.99 atau Rp 283 ribu per bulan.

Pengujian pun sama, melakukan simulasi rapat selama 10 menit, kami menggunakan iPhone XR dengan iOS 13.

Dengan kualitas tinggi di perangkat Apple ini, layanan Zoom dengan paket termurah ini, saat melakukan rapat sembari memaparkan presentasi online, ternyata memakan kuota data 55,8 MB.

Sementara saat melakukan rapat virtual menggunakan aplikasi asal Amerika Serikat ini di browser laptop, pemakaian data internet sebesar 25.1 MB untuk posisi download dan 17.6 saat upload.

Di iPad Mini 5, layanan Zoom Premium ini sukses menghabiskan kuota data internet sebanyak 40,9 MB.

CloudX

Layanan video telekonferensi besutan Telkomsel ini juga tak kalah menarik. Pengguna bisa memilih paket termurah mulai dari Rp 10 ribu untuk memanfaatkan layanan hingga 5 jam dengan 100 partisipasi.

Ketika berada di jaringan seluler di perangkat iPhone XR, CloudX diuji digunakan selama 10 menit dengan posisi audio dan video menyala, serta melakukan Screen Share Power Point selama 1 menit, menghabiskan kuota data internet sebanyak 46,9 MB.

Bagaimana dengan di browser laptop? Saat pengujian berlangsung dengan metode yang sama, ternyata CloudX ini mengambil kuota data sebanyak 27.5 MB saat posisi download dan upload 25.3 MB.

Pengujian CloudX juga dilakukan melalui iPad Mini 5. Menurut pengujian internal Uzone.id, ternyata layanan ini hanya menghabiskan kuota data internet kurang lebih 32,2 MB.

Google Meet

Awalnya layanan ini hanya bisa digunakan untuk akun Gmail Bussines, namun belakangan aplikasi video telekonferensi ini dibuka untuk umum.

Memulai rapat virtual sekitar pukul 14.00 WIB, kecepatan internet seluler saat menggunakan Google Meets cukup tinggi yakni di angka 22 Mbps dan untuk upload berada di kisaran 4 Mbps.

Hasilnya, dengan metode semua posisi on dan menyampaikan presentasi di iPhone XR, layanan Google Meet menyedot data sebanyak 59 MB.

Di iPad Mini 5 pun data yang dimakan oleh Google Meet juga besar, yakni bisa mencapai 69 MB.

Termasuk saat memanfaatkan browser, saat download mencapai 74.0 MB, sementara upload di kisaran 33.9 MB.

Kesimpulan

Dari hasil pengujian tim internal Uzone.id, memanfaatkan tiga perangkat, yakni browser laptop (WiFi), iPhone XR (Seluler), dan iPad Mini 5 (Seluler), hasilnya antara CloudX bersaing ketat dengan Zoom.

Namun dari kesimpulan kami, dengan kecepatan rata-rata 19 Mbps di seluler dan 25 Mbps di jaringan WiFi, boleh dibilang CloudX lebih hemat memakan kuota data internet.

Layanan CloudX di perangkat mobile unggul dibandingkan Zoom yang menghabiskan data 41,2 MB di iPad Mini 5 dan 55,8 di iPhone xr. Sementara CloudX di iPad Mini menghabiskan data 33,2 MB, sementara iPhone xr ‘hanya’ 46,7 MB.

Zoom hanya bisa lebih sedikiy hemat dibandingkan CloudX dan WebEx saat digunakan di browser desktop.

Sementara soal siapa yang paling boros, antara Webex dan Google Meet bersaing ketat soal konsumsi datanya sangat tinggi, di semua perangkat.

Berikut tabel hasil pengujian yang dilakukan oleh tim Uzone.id terhadap tiga layanan, CloudX, WebEx, Google Meet dan Zoom:

 












Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 18 June 2020 | 21:18:21

masa iya jadi irit koutanya internet itu

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article