icon-category Digilife

Video di Twitter Sekarang Otomatis Pakai Caption

  • 15 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Unsplash

    Uzone.id – Tidak semua konten yang dibagikan di media sosial akan mudah dikonsumsi oleh seluruh pengguna, apalagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran atau bahkan tuli. Twitter tampaknya menyadari hal ini dan memperbarui fitur di dalam layanannya.

    Platform mikroblog ini menghadirkan dukungan automatic captions, atau caption otomatis yang muncul di dalam video yang dibagikan di Twitter. Artinya, setiap video yang diunggah ke Twitter akan mendapatkan caption secara otomatis.

    Dari paparan Twitter, fitur ini akan tersedia secara global dan mencakup “kebanyakan bahasa”. Tidak dijelaskan secara merinci, namun banyak yang menebak kalau bahasa yang tersedia kemungkinan memang bahasa yang dikenal secara universal, banyak dipakai, dan lain sebagainya.

    Baca juga: Twitter Spaces Sudah Bisa Direkam di Android, Ini Caranya

    Satu hal yang layak diingat, Twitter mengatakan kalau fitur caption otomatis ini hanya berlaku untuk video-video terbaru yang diunggah ke platformnya. Dengan kata lain, video-video lawas yang sudah pernah diunggah sebelum fitur ini dirilis tidak akan mendapatkan caption tersebut.

    "Video-video lama tanpa caption tetap tidak akan mendapatkan caption otomatis. Tidak ada cara juga untuk melaporkan caption yang tidak akurat atau tidak elok," tutur juru bicara Twitter, kepada The Verge.

    Ia melanjutkan, "kami akan selalu berupaya meningkatkan fitur-fitur aksesibilitas di dalam platform."

    Baca juga: Selama 2021, Warganet Indonesia Paling Banyak Bahas Ini di Twitter

    Sejauh ini, caption otomatis ini dilaporkan masih memiliki beberapa kekeliruan atau tidak terlalu akurat sesuai dengan apa yang dibicarakan di dalam video. Masalah ini diklaim akan ditingkatkan lebih lanjut.

    Fitur caption otomatis pada video Twitter ini dinilai sebagai langkah baik dan bijak dari perusahaan mengingat ada banyak pengguna yang membutuhkan alat bantu pendengaran.

    Selain itu, caption otomatis video Twitter juga dianggap dapat bermanfaat bagi siapapun yang ingin menonton video di dalam platformnya namun tidak mau menyetel suara atau audionya – entah sedang berada di keramaian atau memang ingin dalam kondisi sunyi saja.

    Gimana menurut kalian?

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini