icon-category Digilife

Viral Bjorka Ditangkap di Madiun, Kok Masih Bisa Update di Telegram?

  • 15 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Nahel Abdul Hadi/Unsplash

    Uzone.id - Setelah Muhammad Said Fikriansyah, muncul kembali satu nama yang diduga sedang diperiksa pihak berwajib atas tuduhan sosok dibalik peretas Bjorka.

    Kejadian ini terjadi pada Rabu malam (14/9), dimana seorang lelaki berinisial MAH telah diamankan di Polsek Dagangan, Madiun untuk dimintai keterangan oleh Tim Cyber Mabes Polri.

    Menanggapi adanya kabar penangkapan terduga Bjorka di Madiun, pihak Mabes Polri mengatakan sedang menyelidiki kebenaran soal penangkapan Bjorka ini.

    Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membenarkan adanya penangkapan satu orang berinisial MAH dari Madiun terkait hal ini.

    “Belum disimpulkan seperti itu (peretas) karena masih didalami tim khusus. Saya tidak berkompeten menjelaskan sebelum tim khusus nanti telah selesai bekerja,” ungkapnya kepada wartawan pada Kamis (15/9).

    Baca juga: Belum Berakhir, 102 Juta Data Warga Indonesia Kembali Bocor

    Dalam kesempatan yang sama, Dedi juga menepis kabar soal terduga Bjorka asal Cirebon. Ia menyebut bahwa penangkapan terkait peretasan data siber Indonesia ini baru dilakukan satu kali, yakni di Madiun.

    Saat ini, penyelidikan sedang berlangsung oleh tim satgas khusus yang telah dibentuk oleh Menkopolhukam, tim ini terdiri dari BIN, Polri, BSSN, dan Kominfo.

    Namun, beberapa jam setelah kabar Bjorka tertangkap di Madiun muncul, sang hacker yang sempat hilang pun aktif kembali di Telegram. Ia bahkan menyinggung penangkapan MAH di Madiun.

    “Pemerintah Indonesia sedang mencariku?” tulisnya.

    Ia pun mengutip link media online soal pemberitaan penangkapan pemuda di Madiun, “Anak ini sekarang sedang ditangkap dan diinterogasi oleh pemerintah Indonesia.”

    Begitupun juga dengan situs Bjorka di Breached.to yang terlihat masih aktif sekitar 2 jam lalu (pukul 10 pagi WIB). Kalau Bjorka masih terus berkeliaran, lalu siapa yang sedang diperiksa oleh Satgas sekarang ini? Mungkinkah Bjorka lolos lagi?

    Sebelumnya, beredar kabar seorang pemuda berusia 21 tahun dengan inisial MAH telah ditangkap atas dugaan peretasan data dengan nama Bjorka.

    Sosok Bjorka sendiri masih menjadi misteri hingga saat ini, BIN dan Polri sebelumnya mengatakan kalau mereka telah mengidentifikasi dengan baik soal sosok di balik huru-hara peretasan data siber di Indonesia selama satu bulan ke belakang.

    “Kami terus menyelidiki, dan sampai sekarang gambaran-gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri tetapi belum bisa diumumkan,” ungkap Mahfud MD, Rabu (14/9).

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini