home ×
Auto

Virus Corona Mulai Melumpuhkan Industri Otomotif

10 February 2020 By
Virus Corona Mulai Melumpuhkan Industri Otomotif
Share
Share
Share
Share

Foto: Ilustrasi - Reuters

Uzone.id - Virus Corona sedikit banyak lumayan mengganggu berjalannya pergerakan dunia, termasuk sektor industri. Setelah smartphone, sepertinya otomotif pun bakal turut terkena imbas.

Lembaga konsultan pemasaran dan pemeringkatan S&P Global Ratings memprediksi wabah vius Corona memaksa pabrikan mobil di seluruh Asia memangkas produksi hingga 15% sepanjang kuartal pertama (Januari – Maret) akibat wabah virus Corona di Wuhan, Cina.

Salah satu alasan kuatnya adalah rantai pasokan (supply chain) proses produksi yang juga terganggu, karena banyak komponen yang dibuat di China.

Baca juga: Resmi! Honda Civic Hatchback Terbaru Cuma Tersedia Versi RS

Dilansir Carscoops, pasar kendaraan bermotor roda empat di China sebelum merebaknya virus corona mengalami pelemahan selama dua tahun berturut-turut. Hal itu dikarenakan melambatnya pertumbuhan ekonomi nasional China dan hilangnya insentif pajak untuk mobil listrik.

Lembaga pemeringkat global itu menyebut sejumlah merek yang memiliki pabrik di Wuhan, Cina telah menutup pabriknya. Begitu pun dengan pabrikan pembuat komponen yang proses roduksinya dilakukan di Cina.

Perusahaan mobil dengan pabrik di Kota Wuhan antara lain General Motors (GM), Nissan, Renault, Honda, dan Grup PSA.

Volkswagen (VW) juga kemungkinan bisa terkena imbas, meski gak punya pabrik di Wuhan, karena VW punya 24 pabrik yang memproduksi mobil dan suku cadang di China dengan jumlah tidak kurang dari 40 persen dari produksi global.

Sementara, awal pekan lalu Hyundai Motors Company memutuskan untuk menunda produksi di pabrik-pabriknya yang berada di Korea Selatan karena pasokan suku cadang yang dibutuhkannya telah tersendat.

“Bahkan industri yang memiliki ketergantungan kepada pemasok dari Cina pun hampir pasti juga mengalami gangguan dalam input dari negara itu. Tentu, wabah ini membuat tersendatnya produksi di sektor hilir yang bernilai lebih tinggi,” ungkap ekonom global di Capital Economics Simon MacAdam.

Para analis memperkirakan dampak virus Corona terhadap perekonomian Cina bakal terasa pada kuartal pertama. Selain menggoyahkan ekonomi China, beberapa negara lain pun bisa turut berimbas perekonomiannya.

Produsen komponen otomotif besar seperti Bosch, Schaeffler, ZF Friedrichshafen, Faurecia, dan Valeo selama ini telah membuat produknya di Cina. Kini pabrikan tersebut juga mengalami dampak akibat virus Corona.

VIDEO Honda Civic Hatchback RS:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article