home ×
Digilife

Waduh! Ratusan Juta Akun Facebook, LinkedIn dan Instagram Bocor

19 January 2021 By
Waduh! Ratusan Juta Akun Facebook, LinkedIn dan Instagram Bocor
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Sebanyak 214 juta akun gabungan dari Instagram, Facebook dan LinkedIn beredar akibat bocor di internet. Hal ini diketahui oleh laporan keamanan Safety Detectives.

Menurut mereka, setidaknya 408GB yang berisi informasi pribadi dari pengguna media sosial tersebut. Dan semuanya bermuara dari sever Socialarks.

Baca juga: Hal yang Diincar Hacker di 2021


Socialarks sendiri merupakan perusahaan yang menawarkan platform manajemen media sosial asal China. Memang, server mereka berada di Hong Kong, namun sayangnya tidak dilindungi dengan keamanan sehingga mudah diakses siapapun.

“Tim kami menemukan server ElasticSearch terbuka secara publik tanpa perlindungan kata sandi atau enkripsi, selama pemeriksaan alamat IP rutin pada basis data yang berpotensi tidak aman,” kata Kepala Tim Keamanan Safety Detectives, Anurag Sen, seperti dikutip dari Softpedia, Selasa (19/1).

“Kurangnya aparat keamanan di server perusahaan berarti bahwa siapa pun yang memiliki alamat IP server dapat mengakses database yang berisi jutaan informasi pribadi orang. Basis data yang terkena dampak berisi harta karun yang besar,” sambungnya.

Baca juga: Microsoft Kena Hack

Safety Detectives menyampaikan, jumlah data pengguna Facebook, Instagram, dan LinkedIn yang bocor di internet hampir sama dengan kasus Agustus 2020.

Berikut rinciannya data yang bocor:

  • 11.651.162 data pengguna Instagram;
  • 66.117.839 data pengguna LinkedIn;
  • 81.551.567 data pengguna Facebook;
  • 55.300.000 profil Facebook lainnya yang segera dihapus dalam beberapa jam setelah tim Safety Detectives pertama kali menemukan server dan kerentanannya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article