icon-category Digilife

Waspada! 140 Negara Diserang Android Trojan, 10 Ribu Korban Berjatuhan

  • 10 Aug 2021 WIB
  • Bagikan :

    Ilustrasi (Foto: Avira)


    Uzone.id - Perusahaan keamanan Zimperium menemukan kampanye jenis trojan baru yang menyebar melalui pembajakan media sosial, aplikasi pihak ketiga dan aplikasi yang di-slide load.

    Masih informasi yang sama, malware tersebut telah menyerang lebih dari 10.000 korban pengguna Android di 144 negara. Trojan - bernama FlyTrap ini diketahui sudah menyerang sejak Maret 2021.

    Tim peneliti ancaman seluler zLabs Zimperium pertama kali mengidentifikasi dan menemukan trojan bahwa tersebut menggunakan trik rekayasa sosial untuk menyusup ke akun Facebook.

    Baca juga: Windows 11 Baru Datang dengan Ancaman Malware

    Flytrap ini membajak akun media sosial dengan menginfeksi perangkat Android, memungkinkan penyerang untuk mengumpulkan informasi dari korban seperti ID Facebook, lokasi, alamat email dan alamat IP serta cookie dan token yang terkait dengan akun Facebook korbannya.

    "Sesi Facebook yang dibajak ini dapat digunakan untuk menyebarkan malware dengan menyalahgunakan kredibilitas sosial korban melalui pesan pribadi dengan tautan ke Trojan, serta menyebarkan propaganda atau kampanye disinformasi menggunakan detail geolokasi korban," tulis para peneliti Zimperium, seperti dikutip Uzone.id dari ZDnet, Selasa (10/8).

    Baca juga: Aplikasi Android Pencuri Password Facebook

    "Teknik rekayasa sosial ini sangat efektif di dunia yang terhubung secara digital dan sering digunakan oleh penjahat dunia maya untuk menyebarkan malware dari satu korban ke korban lainnya. Pelaku  memanfaatkan beberapa tema yang menurut pengguna menarik seperti kode kupon Netflix gratis, Google AdWords, dan memilih tim atau pemain sepak bola (sepak bola) terbaik,” tambahnya.

    Para peneliti mengaitkan trojan tersebut dengan kelompok yang berbasis di Vietnam dan mengatakan mereka dapat mendistribusikannya menggunakan Google Play dan toko aplikasi lainnya.

    Google dikirimi laporan tentang trojan tersebut, memverifikasinya, dan menghapus semua aplikasi yang disusupi dari toko mereka.

    Video: Bocoran Samsung Galaxy Fold 3



     






    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini