home ×
Digilife

WhatsApp Bocorkan Nomor Penggunanya Ke Google

10 June 2020 By
WhatsApp Bocorkan Nomor Penggunanya Ke Google
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Walaupun dikenal sebagai aplikasi pesan instan yang aman dan terlindungi, WhatsApp masih menyimpan masalah terkait informasi penggunanya.

Baru-baru ini diketahui, ada fitur yang bisa membuat nomor telepon pengguna WhatsApp muncul di mesin pencari seperti Google. Kok bisa?

Jadi, salah satu peneliti keamanan siber, Athul Kayaram, menemukan celah di fitur  ‘Click to Chat’ yang bisa dipasang di sebuah situs.

Link yang berisi nomor seluler ini digunakan untuk memudahkan pengunjung situs untuk berkomunikasi dengan menggunakan WhatsApp.

Baca juga: Dicari Bos WhatsApp untuk Indonesia

Nah, Google bakal memasukkan kode embed dan menampilkan nomor telepon tersebut dalam hasil pencarian di mesin pencarinya.

"Nomor seluler ke belakang akan muncul dalam bentuk teks di URL ini, dan siapa pun yang punya URL tersebut bisa mengetahui nomor seluler tersebut. Hal ini tak dimatikan,” ujarnya, seperti dikutip dari Phone Arena, Rabu (10/6).

Jika nomor seluler kalian sudah bocor, penyerang bisa mengirim pesan ke mereka, menelepon mereka, menjual nomor telepon mereka ke marketer, spammer, dan scammer.

Baca juga: Akun WhatsApp Dibajak? Jangan Cemas, Ikuti Langkah Ini

Lebih parahnya lagi, setelah mengetahui nomor telepon ini, siapa pun bisa melihat foto profil WhatsApp si korban dan melakukan pencarian reverse-image untuk mencari akun media sosial korban yang lain, dan menemukan banyak hal mengenai si korban.

WhatsApp membela diri dan berkatai bukan masalah besar, karena pengguna WhatsApp (seharusnya) sudah sadar untuk mempublikasikan nomor teleponnya lewat URL di fitur ini.

"Semua pengguna WhatsApp, termasuk pengguna WhatsApp Business, bisa memblok semua pesan yang tak diinginkan dengan menekan sebuah tombol," tulis WhatsApp dalam pernyataannya.

"Temuan ini tak lolos syarat untuk sebuah bounty karena ini hanyalah menampilkan hasil index URL yang memang disadari oleh pengguna WhatsApp saat mempublikasikan nomor telepon mereka," tambahnya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Meri 15 July 2020 | 00:51:50

untuk salah satu penelitian keamanan

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article