Gadget

Xiaomi Pamer Kacamata Pintar, Bisa Foto-foto dan Telepon

  • 14 September 2021
  • Bagikan :

    Foto: dok. Xiaomi

    Uzone.id -- Menjelang acara besarnya yang akan digelar pada 15 September 2021, Xiaomi memperkenalkan perangkat wearable barunya, yaitu Smart Glasses. Seperti apa wujud dan kecanggihannya?

    Kacamata pintar yang dinamakan Xiaomi Smart Glasses ini hadir dalam bobot 51 gram. Secara mendasar, kacamata pintar ini dapat menampilkan pesan dan pemberitahuan, membuat panggilan, layanan navigasi, menjepret foto, hingga menerjemahkan teks pas di depan mata pengguna.

    Yup, perangkat kacamata pintar ini seperti ingin mewujudkan konsep film-film sci-fi yang serba canggih. Xiaomi pun mengklaim bahwa pihak mereka memang berniat menghadirkan Smart Glasses ini dalam wujud yang menyerupai kacamata biasa yang digunakan sehari-hari.

    Xiaomi menggunakan teknologi MicroLED untuk menyematkan perangkat ke dalam frame kacamata. Layaknya OLED, pixel MicroLED menyala secara individual sehingga tampilan bisa lebih terang dengan warna hitam yang lebih pekat.

    Dengan struktur yang lebih sederhana, MicroLED memiliki kerapatan pixel lebih tinggi serta usia yang lebih panjang. Kelebihan ini membuka jalan bagi tampilan yang lebih ringkas sekaligus integrasi yang lebih mudah dengan lensa kacamata.

    Baca juga: Xiaomi Rebut Tahta Apple di Pasar Wearable

    Dari pernyataan yang diterima Uzone.id, Xiaomi Smart Glasses hanya memiliki chip display berukuran 2,4 x 2,02 mm. Untuk memastikan cahaya yang cukup untuk melintasi struktur optik yang cukup kompleks sebelum ke mata meski di siang terik, pilihan jatuh kepada layar monokrom karena sangat efisien serta mampu menampilkan tingkat kecerahan maksimal hingga 2 juta nits.

    Xiaomi membekali Smart Glasses ini dengan kamera 5MP yang ada di depan kacamata untuk mengambil foto serta menerjemahkan teks secara langsung. Tampaknya akan menjadi fitur yang sangat memudahkan ketika sedang bepergian ke tempat asing.

    Memanfaatkan mikrofon dan algoritma penerjemahan, Xiaomi Smart Glasses mampu menyalin audio menjadi teks berikut penerjemahan secara langsung. Lampu indikator di samping kamera akan menyala sewaktu digunakan untuk menunjukkan bahwa perangkat ini sedang mengambil gambar.

    Untuk bisa dioperasikan dengan sejumlah fitur ini, butuh sejumlah komponen yang dipasang ke dalam kacamata seperti prosesor ARM quad-core, baterai, touch pad, modul Wi-Fi/Bluetooth, dan sistem operasi Android.

    Tampilan di lensa kacamata pintarnya. Foto: Xiaomi

    Baca juga: Daftar Produk Xiaomi yang Akan Dirilis Setelah Acara Apple

    Lebih detailnya, Xiaomi Smart Glasses mengintegrasikan sebanyak 497 komponen termasuk sensor dan modul komunikasi dalam ukuran kecil. Dari sini, Xiaomi mengklaim kalau Smart Glasses ini bukan hanya sekadar “layar kedua” bagi ponsel, namun berfungsi sebagai smart terminal dengan kemampuan operasional yang independen.

    Sebagai tambahan untuk menampilkan notifikasi dan panggilan, dia juga bisa menjalankan fungsi secara mandiri seperti navigasi, mengambil foto, menjadi teleprompter, dan penerjemahan dari teks maupun gambar secara langsung.

    Dari sisi penggunaan, Xiaomi Smart Glasses menerapkan logika interaksi kunci untuk mengurangi gangguan pada waktu yang tidak semestinya, dan hanya menampilkan informasi yang penting saat dibutuhkan.

    Sementara itu, fungsi navigasi turut hadir untuk para pengguna yang sedang mengendarai kendaraan. Xiaomi Smart Glasses bisa menampilkan peta tepat di depan pengguna secara langsung sehingga perhatian tetap tidak teralihkan dari jalan. Hal ini dilakukan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan selama berkendara.

    VIDEO: Bocoran Spesifikasi iPhone 13