Auto

Yamaha NMAX: Spesifikasi, Fitur, Harga, dan Skema Cicilan

  • 02 January 2019
  • Bagikan :
    Yamaha NMAX: Spesifikasi, Fitur, Harga, dan Skema Cicilan

    Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) punya skutik bongsor 150 cc lewat NMax. Skutik yang bisa duduk selonjoran ini merupakan jawaban dari Yamaha, atas motor serupa dari rivalnya yang punya banderol cukup mahal saat itu.

    Awalnya, Yamaha NMax yang lahir tahun 2015 ini dijual melalui pemesanan secara online melalui laman resmi Yamaha Indonesia. Namun lambat laun, pemesanannya terus membludak dan akhirnya kapasitas produksinya diperbesar. 

    Desainnya bak jetski darat, dapat diterima baik oleh konsumen Indonesia. Bila mengacu data wholesales domestik Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), sepanjang tahun 2016 ada 254.826 unit NMax yang terdistribusi, tahun 2017 meningkat menjadi 282.097 unit, sementara pada paruh pertama tahun 2018 bertahan di angka 199.862 unit. 

    Lalu seperti apa istimewanya Yamaha NMax? Berikut ulasan detailnya.

    Spesifikasi dan dimensi

    Kalau bicara dimensi, motor ini punya panjang 1.955 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 1.115 mm. Jarak sumbu rodanya 1.350 mm dengan ground clearance 135 mm. Sementara itu ketinggian joknya mencapai 765 mm. 

    Skutik bongsor ini punya bobot 127 kg dan memiliki kapasitas tangki bahan bakar 6,6 liter di dek tengahnya. 

    Pada sektor kaki-kaki dilengkapi suspensi depan teleskopik dan bagian belakangnya unit swing. Soal ban depan dan belakang masing-masing memiliki profil 110/70 dan 130/70 yang menyelimuti velg berukuran 13 inci. Hebatnya, baik depan dan belakang sudah dilengkapi dengan rem cakram. 

    Fitur dan mesin

    Bila bicara fitur, sudah ada panel instrumen full digital mirip yang ada pada Yamaha Aerox, berlatar biru yang mampu menampilkan berbagai informasi umum. Untuk pencahayaan, lampu depan dan belakang sudah LED, tapi tidak untuk seinnya. 

    Menengok ke bawahnya ada dua slot penyimpanan, bagian kiri cukup dalam yang bisa menyimpan payung atau botol air mineral. Sementara bagian kirinya tidak cukup dalam, paling cukup menyimpan recehan. 

    Lebih lanjut di bawah joknya, ada bagasi berkapasitas 23 liter yang bisa menyimpan satu buah helm full face maupun open face yang diletakkan miring atau secara terbalik. Joknya pun sudah lengkap dengan stopper sehingga tidak akan mudah tertutup secara tiba-tiba. 

    Yamaha NMax tersedia dalam dua varian, versi standar dan versi ABS dual channel. Sayangnya, untuk varian tertinggi yang lengkap dengan ABS ini belum tersematkan kunci keyless

    Selebihnya mengenai jantung mekanis motor ini, berdasarkan spesifikasi, mesin berkubikasi 155 cc berpendingin cairan SOHC-nya ini bisa menghempaskan tenaga sampai 14,8 dk pada 8.000 rpm dan torsi 14,4 Nm pada 6.000 rpm. 

    Harga, pajak tahunan, dan skema cicilan

    Baik Yamaha NMax standar dan versi ABS terdiri dari 4 warna: Blue, Matte Black, Matte Gray, dan White. Adapun keduanya masing-masing dilabeli harga Rp 26,9 juta dan Rp 30,650 juta dengan status on the road (OTR) Jakarta. 

    Apabila tidak membelinya secara cash, Anda bisa memboyongnya secara kredit. Berbagai macam perusahaan pembiayaan menawarkan skema cicilan ringan dengan DP besar atau DP ringan tetapi harus mengorbankan angsuran per bulannya yang terbilang besar. 

    Untuk Yamaha NMax non-ABS bisa didapatkan dengan uang muka mulai dari Rp 4,3 juta sampai Rp 5,9 juta. Adapun cicilannya bisa diangsur selama 11 bulan, 23 bulan, maupun 35 bulan dengan besaran cicilan Rp 1,056 juta sampai Rp 2,667 juta. 

    Sementara untuk versi ABS, besarannya tidak terlalu berbeda jauh. Uang mukanya mulai dari Rp 4,7 sampai Rp 6,3 juta dengan besaran angsuran Rp 1,196 sampai Rp 2,968 juta selama 11 bulan atau paling lama 35 bulan. 

    Sedangkan menyoal pajak tahunan Yamaha NMax, berdasarkan besaran PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) sebesar Rp 325,5 ribu ditambah SWDKLJJ sebesar Rp 35 ribu. Besaran ini tidak mengikat, artinya tergantung daerah dan pajak progresif atas kepemilikan kendaraan lebih dari satu. 

    Harga bekas

    Kalau pun harga barunya terbilang tinggi, Anda bisa mendapatkannya dengan unit bekas. Itupun kalau beruntung, sebab Yamaha NMax bekas juga banyak peminatnya, sehingga perputaran di diler motor bekas relatif cepat.

    Urusan harga, Yamaha NMax di beberapa diler motor bekas di kawasan Tangerang Selatan dibanderol Rp 21 juta-an untuk tahun produksi 2016 sampai 2017 tergantung kondisi. 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini