Technology

YouTube Hadirkan Dukungan Video HDR

  • 09 November 2016
  • Bagikan :
    YouTube Hadirkan Dukungan Video HDR
    |

    Bagi sebagian besar pengguna yang selalu terhubung ke internet, YouTube sudah menjadi bagian dari aktivitas mereka sehari-hari. Tak heran karena YouTube menyediakan banyak sekali video yang bisa dinikmati kapanpun dan di manapun.

    Dalam perkembangannya, YouTube selalu mencoba menjadi platform yang bisa memfasilitasi berbagai jenis format video baru, misalnya video 3D, video 360 derajat, dan video-video mulai dari resolusi HD hingga 4K.

    Yang terbaru, kini pengguna YouTube bisa mengunggah dan menyaksikan video berformat HDR.

    Apa itu HDR?

    Bagi yang belum tahu, HDR atau High Dynamic Range adalah video yang memiliki warna yang lebih kaya dan tampilan yang lebih cerah. Kontras antara warna gelap dengan warna terang juga lebih baik.


    Non-HDR (kiri) dan HDR (kanan)

    Non-HDR (kiri) dan HDR (kanan)




    Warna hitam akan terlihat lebih pekat dan warna putih pun lebih putih. Hasilnya, video HDR mampu menampilkan gambar yang lebih akurat dan realistis sesuai dengan apa yang dilihat di dunia nyata.

    Membutuhkan layar yang mendukung HDR

    Mulai saat ini, semua pengguna YouTube sudah bisa mengunggah karyanya dalam format HDR. Meski begitu, pengguna yang ingin menontonnya membutuhkan perangkat yang mendukung, contohnya TV berfitur HDR lengkap dengan Chromecast Ultra. Ke depannya, jajaran Samsung SUHD dan UHD TV seri 2016 juga akan mendapatkan dukungan YouTube HDR.

    Lalu bagaimana dengan pengguna perangkat yang belum memiliki dukungan HDR? Video-video HDR tersebut nantinya akan diputar dalam format standar. Yang menarik, YouTube juga berencana untuk menyediakan layanan streaming dalam format HDR.

    Artikel YouTube Hadirkan Dukungan Video HDR pertama kali terbit di YANGCANGGIH.COM.
    Tags : YouTube HDR 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini