home ×
Digilife

YouTube Uji Coba Fitur yang Mungkinkan Kreator Jualan Saat Live

22 July 2021 By
YouTube Uji Coba Fitur yang Mungkinkan Kreator Jualan Saat Live
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - YouTube dikabarkan sedang melakukan uji coba fitur baru. Fitur tersebut memungkinkan penonton untuk bisa langsung membeli produk saat livestreaming sedang berlangsung.

Dilansir melalui TechCrunch, Kamis, 22 Juli 2021, YouTube menyebut jika fitur ini dijamin akan membantu konten kreator untuk mendapatkan cuan dari brand yang mengajak kerja sama. Ini merupakan bentuk pengembangan dari fitur Shopping yang juga telah diujicobakan awal tahun ini di YouTube.

Baca juga: YouTube Bisa Dapat Duit Tip dari Penonton

Menurut sumber YouTube, fitur ini didesain hanya untuk video yang sesuai permintaan (video on demand). Penonton bisa melihat dulu informasi yang disediakan oleh kreator terpercaya di YouTube, baik informasi produk maupun kredibilitas kreator.

YouTube merupakan platform yang selama bertahun-tahun telah menjadi alat ampuh untuk mempromosikan produk. Tercatat ada dua miliar lebih pengguna yang mengunjungi YouTube hanya untuk menonton review produk, demo, unboxing, tips produk, dan konten lainnya yang menginspirasi munculnya fitur pembelian.

Baca juga: 7 Fitur YouTube Shorts

Sayangnya, dahulu tak ada menu yang memungkinkan penonton untuk bisa langsung belanja di channel YouTube kreator. Walhasil, mereka harus mempromosikan link yang terafiliasi dengan toko online tersebut melalui deskripsi video atau elemen di dalam channel.

Saat ini, uji coba tersebut baru melibatkan YouTuber dalam jumlah terbatas. Artinya, tidak semua konten kreator bisa menikmati fitur ini. Namun sampai akhir tahun ini diharapkan sudah banyak YouTuber yang bisa menjajal. Salah satu strategi uji coba yang dilakukan juga dengan melibatkan UMKM untuk bisa membuat event jualan melalui live streaming selama sehari penuh.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id