icon-category Digilife

10 Aplikasi Motivasi yang Bakal Tingkatkan Kualitas Hidup

  • 03 Oct 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi (Foto: Unsplash)

    Uzone.id - Seiring berkembangnya teknologi, smartphone tidak hanya berguna sebagai alat untuk berkomunikasi. Bahkan menjadi media hiburan atau membantu berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari lewat berbagai aplikasi.

    Ternyata, ada pula aplikasi yang berguna sebagai pendorong kualitas hidup. Atau dalam bahasa kerennya, self improvement.

    Apalagi, terkadang hidup berjalan tidak semulus yang Anda bayangkan. Ketika segala sesuatu sedang tidak baik-baik saja, Anda butuh suntikan motivasi agar kembali semangat menjalani hidup

    “Kehidupan berubah menjadi lebih baik bagi orang yang bersikap baik di dalam kesulitannya. Meskipun tidak mudah, cobalah untuk memelihara sikap baikmu di dalam kesulitan dan bencana. Bersabarlah,” demikian kalimat motivasi dari motivator ternama, Mario Teguh.

    Nah, 10 aplikasi motivasi ini dapat memberikan hal-hal yang baik untuk Anda. Akan sangat disayangkan pula jika smartphone Anda hanya diisi aplikasi itu-itu saja. Dengan deretan aplikasi ini, hidup Anda akan mengalami perubahan.

    Penasaran? berikut aplikasi pendorong motivasi yang bisa Anda coba, dihimpun dari Regendus.com.

    1. Remente

    Remente merupakan salah satu aplikasi android yang tepat untuk meningkatkan kualitas hidup Anda. Sebab, Remente khusus menawarkan fitur-fitur untuk Anda yang punya tujuan dan berencana mencapainya dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Ada fitur day plan yang membantu Anda untuk mendaftar apa saja yang harus Anda lakukan hari itu. Lalu, fitur reminder untuk memastikan Anda rutin mengecek progres, dan fitur goals yang sudah disediakan tahap-tahapnya. 

    Kemudian, Anda juga bisa menciptakan rencana harian dan goals-mu sendiri. Ditambah fitur untuk melacak mood Anda, Remente benar-benar aplikasi yang membantu peningkatan kualitas hidup Anda.

    1. Mind Mapping – MindMeister

    Salah satu bagian paling sulit ketika Anda mengatur diri adalah mengontrol pikiran dan daftar tugas. MindMeister akan membantu Anda mengembangkan banyak peta pikiran yang dapat menunjukkan hubungan visual antara pikiran. Aplikasi ini jelas patut untuk Anda coba.

    1. Strides: Goal & habit tracker

    Dirancang sebagai pelacak sasaran yang cerdas, aplikasi ini akan membantu Anda memantau apa saja. Anda dapat mempertahankan tujuan, kebiasaan, dan rutinitas dalam daftar tugas yang sederhana lewat fitur tanggal target, pengingat, bagan serta layanan lainnya yang sangat menarik.

    1. School Planner

    School Planner merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan anak sekolah. Fitur pengingat PR, ujian, dan event lainnya menjadi daya tarik utama. Anda tidak akan lupa lagi dengan PR atau ulangan harian. Aplikasi ini juga bisa menyesuaikan jadwal dan jam masuk kelas. Ditambah lagi, ada fitur rekap nilai yang akan menghitung rata-rata nilai di setiap mata pelajaran secara otomatis! Sangat berguna.

    1. Thriv

    Aplikasi ini akan menambah motivasi untuk Anda yang ingin menabung tapi selalu gagal. Anda tinggal menyebutkan untuk apa Anda mau menyisihkan uang, kemudian berapa jumlah yang Anda inginkan, atau kapan batas waktu menabung. Thriv akan bekerja menghitung semuanya untuk Anda! 

    Anda juga bisa memilih berapa yang mau Anda sisihkan per harinya. Thriv juga akan mengecek tahapan menabung, menghitung pemasukan dan pengeluaran, dan menyajikan hasilnya dalam bentuk diagram! Menarik, bukan?

    1. Forest

    Aplikasi ini cukup populer karena selalu menempati posisi atas dalam kategori Produktivitas di Play Store. Forest adalah aplikasi manajemen waktu yang akan membantu Anda fokus saat bekerja atau belajar. 

    Forest memiliki konsep alam, di mana Anda memasang timer saat akan mulai mengerjakan sesuatu, kemudian sebuah tanaman akan perlahan tumbuh. Kalau Anda menutup jendela timer tersebut sebelum waktu habis, maka dengan kata lain Anda kehilangan fokus dan menyentuh ponselmu, lalu tanamannya bakal mati. Tentu Anda tidak ingin tanaman lucu itu mati bukan?

    1. Habitica: Gamified taskmanager

    Habitica mampu membentuk kebiasaan seseorang baik secara konsisten meski bagi sebagian orang perilaku tersebut sulit dilakukan. Namun untuk membentuk kebiasaan baik secara konsisten, Anda akan disuguhi permainan. Dengan permainan peran, aplikasi ini akan membantu membangun rutinitas yang produktif dan tertata.

    Menariknya, Anda juga bisa membuat avatar khusus di dalam aplikasi ini.

    1. Fabulous: Motivate Me!

    Tujuan utama dari aplikasi ini adalah tetap membantu Anda memperbaiki pola hidup. Ada banyak journeys dan challenges yang bisa Anda coba untuk memperbaiki pola tidur, menumbuhkan kebiasaan minum air, dan masih banyak lagi. Dengan segala keunggulannya itu, Fabulous: Motivate Me terpilih menjadi Google Play's Editor Choice 2018. Tidak ada salahnya Anda juga mencobanya.

    1. Tumblr

    Selain self improvement berupa program-program, ada pula aplikasi untuk meningkatkan motivasi dengan kata-kata. Aplikasi quote yang menyediakan berbagai macam kata-kata bijak salah satunya adalah Tumblr. Tumblr adalah aplikasi chatting, namun Anda juga bisa mendapatkan quote-quote terbaik dengan menggunakan aplikasi ini.

    Untuk mendapatkan quote yang mengandung motivasi dari Tumblr, Anda bisa mendownload aplikasi Tumblr terlebih dahulu. Kemudian, Anda klik pada search engine yang tersedia pada Tumblr, ketik kata “quote” maka Tumblr akan merekomendasikan quote terbaik yang ada di Tumblr.

    Kemudian, Anda juga bisa mengetik beberapa kata dengan menggunakan hashtag seperti #quote #quoteoftheday #Motivation quote #girl #almostfeeling. Semua hashtag tersebut akan memperlihatkan quote-quote terbaik yang ada di Tumblr.

    1. Daily Motivational Quotes App

    Enliven the Mind juga menjadi salah satu pengembang yang menciptakan aplikasi penyedia quote, Daily Motivational Quotes App. Sesuai dengan namanya, Anda akan selalu memperoleh quote motivasi setiap harinya. Ada ribuan quote yang bakal menginspirasi Anda, bahkan aplikasi ini juga siap memudahkan penggunanya untuk update quote ke media sosial.

     

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini