icon-category Film

5 Tipe Orang yang Suka Nonton Film

  • 04 Sep 2018 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Siapa yang nggak suka nonton film? Medium seni satu ini cakupannya luas banget mulai dari genre, teknik, hingga menyatukan harmoni bahasa dan seni akting hingga musik.

Paling nggak, kita bisa mengakui bahwa film menjadi hiburan yang mudah didapatkan. Selalu tayang di bioskop dengan harga tiket yang terjangkau, atau bisa langsung ditonton melalui layanan streaming digital di rumah.

Setelah memperhatikan dan bertanya ke beberapa orang yang suka nonton film, ternyata mereka terbagi atas sejumlah tipe lho, gaes. Kira-kira kamu termasuk yang mana nih?

1. Tipe pemilih

Tipe satu ini umumnya pemilih dari berbagai aspek. Ada yang pemilih genre, sineas, sampai aktor dan aktrisnya.

Contoh tipe pemilih genre biasanya mereka hanya mau menonton film dari genre tertentu saja. Seperti teman gue bernama Endro, dia mengaku favoritnya adalah horor.

“Gue paling semangat untuk nonton horor aja karena favorit gue. Genre lainnya sering malas,” katanya.

Ada pula beberapa penggemar film yang melihat betul sineas atau sutradara yang menggarapnya. Misalnya, mereka tanpa ragu akan langsung menonton film-film besutan Christopher Nolan tanpa melihat siapa aktornya. Ada juga yang ngefans banget sama aktor atau aktris tertentu sampai-sampai harus menonton semua filmnya, tanpa peduli siapa sutradaranya.

via GIPHY

2. Tipe bergantung pada rating

Tipe satu ini sering gue temui. Biasanya mereka cukup mengikuti perkembangan film-film baru yang bakal tayang di bioskop dengan menyaksikan trailer.

Tapi alih-alih memutuskan untuk langsung bergegas ke bioskop terdekat, mereka justru melihat dulu rating yang ada di situs-situs ternama seperti IMDb, Rotten Tomatoes, hingga Metascore.

“Iya, gue masih bergantung sama rating nih. Biasanya kalau di IMDb di bawah 70, gue bakal berpikir dua kali untuk nonton,” kata teman gue bernama Eno.

3. Tipe nunggu update bioskop

Ini juga banyak! Mereka adalah tipe yang mengikuti perkembangan terkini tentang film-film baru dari media sosial dan rajin mantengin situs jaringan bioskop kesayangan untuk membuka laman “coming soon”.

Biasanya tipe ini tahu betul kalau mayoritas film baru tayang di tanah air itu jatuh di hari Rabu setiap pekan, hi-hi-hi.

via GIPHY

4. Tipe nggak mau tahu apa-apa

Tipe ini cukup unik. Mereka suka film dan tahu apa saja yang akan tayang di bioskop ataupun layanan streaming digital. Tapi, mereka lebih suka untuk dikejutkan dengan alur cerita dengan sendirinya tanpa mengintip bocoran dari teman atau melihat rating, apalagi review kritikus.

“Gue salah satu orang yang nggak mau tahu apa-apa sebelum nonton film. Gue nggak akan mencari tahu ratingnya berapa, apalagi baca review sebelum nonton. Nonton trailer pun kalau ingat aja. Lebih suka being surprised supaya netral,” ujar seorang teman bernama Audry.

5. Tipe reviewer

Tipe satu ini juga nggak sedikit, lho. Banyak moviegoer bertebaran di mana-mana. Mereka cenderung menganalisis film dari berbagai aspek dan terbiasa menuangkan opininya ke dalam ulasan, baik tulisan panjang atau status di media sosialnya.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini