icon-category Technology

6 Fitur yang jadi Pertimbangan Sebelum Membeli Galaxy A80

  • 17 Jul 2019 WIB
  • Bagikan :

    (Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

    Uzone.id -- Samsung merilis seri terbaru di Galaxy A yang kehadirannya cukup dinantikan, yaitu Galaxy A80. Ada beberapa fitur di ponsel ini yang layak disorot nih, gaes.

    Galaxy A80 memang seri paling terbaru di ‘keluarga’ Galaxy A, serta paling beda juga. Dari desain, tampang, dan harga, ponsel ini seakan ‘anti-mainstream’ yang membuatnya mudah dibedakan dari produk Samsung yang lain, namun fitur-fiturnya terlihat ingin yang paling up-to-date.

    Daripada penasaran, berikut ada 5 fitur menarik Galaxy A80.

    1. Kamera berputar

    Sorotan utama tentu saja berasal dari kamera. Galaxy A80 hadir dalam konsep kamera pop-up rotating camera yang belum pernah diterapkan oleh brand lain.

    Pada dasarnya, kamera pop-up pada Galaxy A80 konsepnya gak beda jauh dari ponsel-ponsel pop-up lainnya, di mana mekanismenya naik ke arah atas. Bedanya, modul kamera pada Galaxy A80 ini cuma satu, alhasil kameranya berputar ke arah depan jika pengguna ingin selfie.

    (Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

     

    Dengan kata lain, di Galaxy A80 gak ada ‘diskriminasi’ kamera depan dan belakang yang dibedakan oleh tingkat resolusi. 

    Nah, Samsung membekali Galaxy A80 dengan tiga kamera, masing-masing resolusinya 48MP, 8MP untuk ultra-wide, serta lensa Time of Flight (ToF) 3D.

    2. Rekam video bisa dari arah depan dan belakang

    Cara kerja kamera Galaxy A80 yang berotasi tersebut dapat digunakan dengan mudah jika ingin sekadar berfoto -- entah menjepret objek yang berada di depan, ataupun selfie.

    Nah, bagian uniknya terletak ketika kita merekam video.

    Di dalam aplikasi kamera Galaxy A80, ada dua pilihan untuk merekam video, yakni bokeh atau auto. Kamu pilih yang auto.

    Dalam mode auto, pengguna bisa merekam dengan posisi kamera menghadap ke belakang dan bisa juga mengubahnya langsung ke kamera depan hanya dengan melakukan gerakan swipe di layar. Keuntungannya, kita bisa mengabadikan banyak hal tanpa kehilangan reaksi atau momen penting.

    Baca juga: Resmi Dijual, Galaxy A80 Dibanderol Rp9,5 Juta

    3. Layar penuh tanpa notch

    Galaxy A80 memiliki layar ukuran 6,7 inci Full HD Super Amoled resolusi 20:9. Ukuran yang terbilang besar dan… tanpa ada kompromi apapun karena Samsung menyingkirkan notch.

    Hal ini tentunya bisa memaksimalkan pengalaman mobile seperti streaming, multitasking, hingga bermain game karena semuanya terasa menyeluruh dan luas.

    4. Baterai fast-charging

    Samsung membekali Galaxy A80 dengan kapasitas baterai 3.700 mAh fast-charging 25Watt yang diklaim bisa mengisi ulang daya dari 0 persen ke 50 persen hanya selama 30 menit.

    5. Sensor serba di bawah layar

    Sensor pemindai sidik jari yang dibenamkan di bawah layar rasanya sudah semakin kekinian. Galaxy A80 ini turut menerapkan fingerprint in-display yang letaknya di bawah layar.

    Selain sidik jari, Samsung juga membenamkan speaker di bawah layar.

    (Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

     

    “Jadi surface speaker ini menggunakan vibrate atau getaran untuk mengeluarkan suara,” jelas Danny Galant selaku Head of Product Marketing Samsung Electronics Indonesia saat peluncuran produk di Jakarta Selatan, Rabu (17/7).

    Sementara ditambahkan oleh Irfan Rinaldi selaku Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, speaker tersebut hanya berfungsi untuk panggilan telepon.

    “Jadi kalau ada incoming calls, dia akan bergetar walaupun gak akan terasa banget bagi pengguna. Jadi kalau sedang berbicara via telepon gitu, ya bicara seperti biasa aja, karena speakernya dibenamkan di bagian atas layar, makanya bezel ponsel ini tipis banget,” ucap Irfan.

    6. Gak ada audio jack, terus gimana?

    Samsung mengambil langkah berani dengan menyingkirkan lubang 3,5mm untuk earphone di Galaxy A80 ini. Yup, ini adalah ponsel Galaxy A pertama yang gak punya jack 3,5mm.

    Sebagai gantinya, Samsung membekali earphone khusus dengan port USB Type-C di dalam kemasan Galaxy A80.

    Spesifikasi lengkap Galaxy A80

    Layar: 6,7 inci Full HD Super Amoled rasio 20:9

    Prosesor: Qualcomm Snapdragon 730G

    Kamera: 48MP + 8MP wide-angle + ToF

    RAM: 8GB

    ROM: 128GB

    Baterai: 3.700 mAh 25W fast-charging

    OS: Android 9.0 Pie

    Fitur lain: NFC, fingerprint in-display, surface speaker

    Warna: Phantom Black, Angel Gold, Ghost White

    Harga: Rp9,49 juta

    Ketersediaan: mulai 18 Juli 2019

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini