Digilife

Alasan Perlu Pindah dari Spotify ke YouTube Music

  • 06 November 2019
  • Bagikan :
    Alasan Perlu Pindah dari Spotify ke YouTube Music

    Aplikasi YouTube Music. (Foto: Dok. YouTube)

    Uzone.id - Ya! Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, YouTube akhirnya resmi meluncurkan aplikasi streaming musik di Indonesia, yaitu YouTube Music.

    Tersedia pada 7 November 2019 di Google Play Store dan iOS App Store, aplikasi ini memungkinkan pengguna streaming musik gratis dengan selingan iklan.

    Lantas, apa yang membedakan YouTube Music dengan aplikasi sejenis lainnya, seperti Spotify? Berikut enam hal yang wajib kamu tahu.

    Semua konten ada di aplikasi YouTube Music

    Bukan hanya video musik, tetapi juga official music dan official album, single, remix, live streaming, lagu cover, dan musik-musik langka yang hanya ada di YouTube.

    Feliciana Wienathan, Communication Manager Google Indonesia, mengatakan, “Jadi kalau di Youtube Music itu sebenarnya, theoretically, semua konten musik yang ada di Youtube akan available di Youtube Music.”

    “Jadi mulai dari official album, official song, remixes, covers, playlist juga yang tadi dibilang, ideally, akan semuanya ada di situ. Cuma karena ini roll out-nya pelan-pelan, jadi pasti akan ada beberapa di minggu pertama launch gak akan muncul, tapi semoga ke depannya akan terus makin banyak, makin banyak,” ujar Feliciana lebih lanjut dalam peluncuran aplikasi YouTube Music dan layanan YouTube Music Premium di Indonesia, di Kantor Google Indonesia, Jakarta, Selasa (5/11).

    Baca juga: Aplikasi YouTube Music Dirilis di Indonesia

    Rekomendasi khusus untuk pengguna

    Layar beranda aplikasi akan beradaptasi secara dinamis dan memberikan rekomendasi sesuai jenis musik yang pernah didengarkan, dan aktivitas yang dilakukan pengguna. 

    Jadi saat kamu sedang berolahraga di gym, atau sedang dalam perjalanan pergi pulang ke kantor, Anda bisa temukan musik yang tepat di aplikasi YouTube Music.

    Ribuan playlist dari berbagai genre

    Ada ribuan playlist dari berbagai genre, suasana hati, aktivitas, atau Bahasa di YouTube Musik. 

    Cobalah “Pop Indonesia yang Akan Ngehits”, “Pop Indonesia Terbaru” atau “Paling Hits Hari Ini” untuk temukan musik baru.

    Playlist di YouTube Music. (Foto: Dok. YouTube)

    Baca juga: Facebook Punya Logo Baru

    Dibekali Google Smart Search yang bisa cari musik hanya dengan lirik

    Aplikasi YouTube Music didukung Google Smart Search. Dengan fitur ini, kamu bisa mencari lagu hanya dengan liriknya. 

    Jadi, YouTube Music akan temukan lagunya, walau kamu tak tahu judulnya. Misal, kamu bisa mencari dengan menulis: Lagu dengan lirik izinkan aku untuk terakhir kalinya. Kamu juga bisa menelusuri lagu, meski lirik yang kamu cari salah.

    Dalam kesempatan yang sama, Brandon Bilinski, Product Manager for YouTube Music pun menegaskan, “YouTube Music sangat bagus dalam pencarian, karena kami menggunakan Google Smart untuk memahami apa yang kamu cari.”

    Pencarian musik dengan lirik di YouTube Music. (Foto: Dok. YouTube)

    Baca juga: YouTube Music Ada Versi Berbayar, Ini Keunggulan dan Harganya

    Video terbaru dan terpopuler

    Dengan YouTube Music, kamu bisa tahu apa saja video terbaru dan terpopuler. Semuanya dimasukkan di kolom Hotlist. Kolom Hotlist menampilkan beberapa pilihan, seperti “Hotlist Pop Indonesia”, “Hotlist Musik Dance Indonesia”, “Hotlist Heavy Rock Indonesia”, “Hotlist Rock Indonesia”, “Hotlist Indie Indonesia”, dan “Hotlist Hip Hop Indonesia”.

    Mudah beralih dari audio atau video

    Beralih antara audio atau video cukup dengan sekali tekan tombol. Fitur unik ini memudahkan pelanggan YouTube Premium dan YouTube Music Premium untuk berpindah ke lagu atau video musik, untuk pengalaman mendengarkan dan menonton musik yang lancar.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini