icon-category Digilife

Instagram Lakukan ini Demi Kesehatan Mental Penggunanya

  • 29 Oct 2019 WIB
  • Bagikan :

    Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

    Uzone.id - Lagi dan lagi, Instagram melakukan update demi kesehatan mental para pengguna dengan melarang konten yang berisi tentang melukai diri sendiri. Dan kini larangan tersebut diperluas ke konten berisi upaya bunuh diri.

    Berdasarkan pernyataan resmi Adam Mosseri, Head of Instagram, pihaknya telah melarang gambar grafis tentang melukai diri sendiri pada Febuari.

    “Kami juga membangun teknologi baru untuk menemukan dan menindaklanjuti konten tersebut. Kami memastikan bahwa konten-konten tersebut dan akun yang membagikannya tidak akan direkomendasikan,” tulis Adam.

    Baca juga: Akun Twitter Kamu Mau Di-Follback Susi Pudjiastuti? Ini Syaratnya

    Hasilnya, dalam tiga bulan setelah kebijakan itu muncul, Instagram telah menghapus 834.000 konten. Instagram menyatakan, mereka menemukan lebih dari 77 persen konten tersebut sebelum dilaporkan kepada mereka.

    Menindaklanjuti upaya ini, Instagram memperluas kebijakan tersebut dengan melarang konten-konten yang menggambarkan bunuh diri.

    Adam menulis, “Sebulan belakangan ini, kami memperluas kebijakan untuk melarang lebih banyak konten yang membahayakan diri dan bunuh diri. Kami tidak akan lagi mengizinkan gambar fiktif tentang melukai diri sendiri atau bunuh diri di Instagram, seperti gambar, meme, konten dari film, atau komik.”

    Baca juga: Hamish Daud Lebih Suka Telepon Ketimbang Kirim Pesan

    Pernyataan resmi tersebut diunggah di situs pusat informasi milik Instagram, pada Minggu (27/10). Instagram juga akan menghapus konten-konten yang mungkin tidak memperlihatkan soal menyakiti diri sendiri atau bunuh firi, tapi menyertakan hal-hal yang berkaitan dengan itu.

    Adam juga telah mendapatkan saran dari organisasi terkait kesehatan mental, seperti National Suicide Prevention Line di Amerika Serikat untuk mencapai keseimbangan antara memungkinkan orang-orang yang ingin berbagi pengalaman kesehatan mental sekaligus melindungi pengguna dari paparan konten berbahaya di Instagram.

    Itu sebabnya, Instagram tidak mengizinkan pengguna untuk berbagi konten yang mendorong atau mempromosikan melukai diri sendiri atau bunuh diri dengan kebijakan-kebijakan di atas.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini