icon-category Digilife

Kronologi & Klarifikasi Keluarga Selebgram Minta Dibiayain 20 Orang ke AS

  • 06 Jan 2020 WIB
  • Bagikan :

    Atta Halilintar (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - Lagi-lagi Atta Halilintar jadi perbincangan hangat di sosial media. Atta  jadi sorotan gara-gara postingan akun Twitter @NNugie milik Nugraha.

    Nugraha menulis, ada seorang YouTuber ingin barter pembiayaan perjalanan ke Amerika Serikat dengan postingan iklan di akun Instagram maupun vlog si YouTuber. Padahal, Nugraha tidak menyebut nama youtuber yang dimaksud.

    "Ada seorang yutuber rekues arrange trip keluarganya di amrik ber-20, 2 minggu perjalanan ke NY dan LA, pas di-follow up sama tim produk gue minta dibayarnya pake barter postingan di Instagram dan Vlog Youtube wkwkwkwkwkwk," tulis Nugraha dari perusahaan travel bernama Whatravel.

    Postingan itu kemudian disebar luaskan oleh beberapa akun gosip dan viral.

    Ditambah lagi, bukan cuma Nugraha yang pernah dihubungi oleh YouTuber terkenal itu, ada akun lain yang juga mengalami hal serupa.

    "Nitip, ke perusahaan travel saya juga mereka melakukan yang yang sama. Lebih parahnya, mereka nge-DM dengan bahasa yang menurut saya...yah kalau mau minta sponsor mah harusnya bisa lebih baik lagi, terlebih di bio kami ada alamat email. Sampe gak saya bales itu DM (Direct Message). Speechless."

    Baca juga: Punya Kamera 108MP, Mi Note 10 Pro Mau Gantikan DSLR Nih?

    Netizen memang bakalan sulit mengalihkan perhatian dari Atta Halilintar setelah muncul satu postingan yang diduga dibuat oleh tim Atta Halilintar. Meskipun ada coretan menutupi nama pengirim DM, namun nama belakang masih terlihat tulisan "tar".

    "Perkenalkan saya *******tar Team Saat ******tar merupakan family influencer terbesar No. 1di asia bahkan top dunia, memiliki 2 diamon playbutton dan 12 golden play button dari 13 channel platform YouTube dan memiliki puluhan juta follower istagram. Sebagai traveller dunia kali ini ******tar akan membuat trip perjalanan besar bertema *******tar around the world goes to amerika dan japan. Kami ingin jajaki kerjasama sponsorship untuk support perjalanan."

    Klarifikasi Nugraha

    Tak ingin memperpanjang masalah, Nugraha akhirnya beri klarifikasi lewat Twitter. Dia mengaku gara-gara postingannya itu, isunya malah melebar ke mana-mana.

    Dia kemudian membuat thread dan mengklarifikasi atas cuitannya itu:

    1. Twit gue 2 hari yang lalu gak ada mention satu pun nama Youtuber, inisial pun engga, mention-mention yang nanya ke gue pun gak ada yang gue reply. Orang-orang berasumsi sendiri dan itu adalah hal yang gak bisa gue kontrol, sepakat?

    2. Jadi jika ada artikel online, atau akun gosip online yang nulis headline tanpa konfirmasi kalau saya reveal nama salah satu Youtuber jelas itu misleading, karena saya tidak mention satupun nama Youtuber

    3. Apakah Whatravel pansos untuk dapat popularitas dengan mengangkat isu ini? Hell no, buat apa popularitas, kami udah punya established client dan customers

    Baca juga: Samsung Bakal Luncurkan Galaxy Bud+ dengan Desain dan Warna Baru

    4. Kami tidak alergi kolaborasi dgn influncer, 2 founder perusahaan kami juga influencer kok, kami gak masalah jika target market dan hitung2annya jelas, tapi jika "tembak langsung di awal" kalo paket akan dibayar dengan post IG & vlog Youtube, jelas tujuannya minta gratisan

    5. Apakah gue menyalahi etika karena "reveal calon klien" ke social media? Menurut gue gak ada yg di-reveal karena gak ada identitas yangg keluar dari twit gue, gue post di twitter untuk share karena menurut gue ini adalah hal yang unik (dan teganya gak kira-kira),

    6. Kami di Whatravel punya etika bisnis, termasuk menjaga privasi klien & calon klien kami, juga tata cara proposal kolaborasi dengan influencer. Jelas, nembak minta gratisan di awal di saat tim kami ngasih penawaran harga aja belum, itu tidak sesuai dengan etika bisnis yang kami jalani.

    Klarifikasi Atta Halilintar

    Oya, Atta juga sudah beri klarifikasi lewat DM yang dimuat oleh akun gosip. Kalau menurut Atta sih, emang salah kalau ada keluarganya ajak kerjasama?

    "Kenapa bang bos? Sampai sekarang kita biayai sendiri tiket pesawat sendiri hotel sendiri, kalau memang ada tim keluarga saya salah ngajak kerjasama dengan brand salah kah? Mau kerjasama ayuk kalau tidak ya tidak papa. Mungkin anda lebih pintar dan lebih baik adri saya dan keluarga God Bless U," tulisnya.

     

    VIDEO Hands-On Redmi Note 8 Pro

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini