icon-category Digilife

Orang Indonesia Keranjingan Internet, Telkom Ingin Bina Banyak Startup

  • 25 Oct 2019 WIB
Bagikan :

(Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

Uzone.id -- Era digital dampaknya beragam. Salah satu yang kompak dirasakan oleh kebanyakan orang adalah kemudahan akses internet. Bayangin aja, sehari tanpa internet pasti rasanya hampa.

Ada data menarik yang disampaikan oleh Direktur Wholesale and International Services Telkom Indonesia, Edwin Aristiawan. Di atas panggung Bandung ICT Expo 2019 yang digelar di Telkom University, ia sempat menyebut tentang penggunaan internet.

“Dari data yang kami kumpulkan, orang Indonesia sampai di tahun ini itu menghabiskan waktu 8 jam 51 menit untuk akses internet per harinya,” ucap Edwin.

Dia melanjutkan, “nyaris 9 jam. Tentu ini gak bisa dihindari karena ya kita sudah jadi masyarakat digital, dan semua berpengaruh pada penetrasi penggunaan smartphone yang mencapai 60 persen.”

Baca juga: Yuk ke Kampus Telkom, Seru-seruan di Bandung ICT Expo 2019

Tak cuma itu, Edwin juga mengatakan, warga Indonesia 40 persennya adalah pengguna layanan e-commerce. Hal ini menurutnya sebagai tanda bahwa Indonesia siap mencetak lebih banyak talent-talent muda untuk berkontribusi di sektor digital.

Edwin menekankan, sinergi antara pemerintah, perusahaan, komunitas, dan calon pelaku teknologi harus terus dilakukan.

Sebagai contoh yang disinggung Edwin, Telkom memiliki berbagai program pembinaan untuk calon startup.

“Kita punya banyak program seperti Indigo, Amoeba, NextDev. Semuanya dapat membina dan mengakselerasi startup potensial agar berguna bagi pengembangan ekonomi digital,” katanya.

Dia menyambung, “contoh seperti aplikasi Agree, salah satu startup yang kami bina ini bergerak di bidang pertanian. Sudah berjalan, dan telah membantu petani lebih efektif dalam menanam, memantau panen, hingga menjualnya dengan harga lazim. Agree juga menjembatani petani yang butuh modal dari BUMN.”

Bandung ICT Expo 2019 masih digelar sampai hari ini, Jumat, 25 Oktober 2019. Yuk datang kalau kamu ingin mendapatkan bekal dan pengalaman seru tentang sektor digital di Indonesia!

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini