Tayangan Alay Ternyata Beri Dampak Buruk ke Anak

14 March 2018 by
Tayangan Alay Ternyata Beri Dampak Buruk ke Anak

Uzone.id - Baru-baru ini, beberapa artis nasional seakan-akan saling menyerang di media sosial terkait acara televisi alay. Beberapa kalangan menggambarkan beberapa tayangan hanya mengandung lelucon dengan unsur bullying, seperti menghina fisik dan berkata kasar.

Karena itu, mereka melabeli tayangan tersebut sebagai acara televisi alay. Lantas, apakah ada dampak buruk pada anak bila menonton tayangan alay secara terus-menerus?

Menurut Aurora Lumbantoruan, MPsi.Psi, psikolog klinis, setiap tayangan memiliki pengaruh terhadap anak. Jika anak sering terpapar atau sering menyaksikan acara tersebut, dampak secara langsung yang terjadi yaitu anak menyerap informasi dari tayangan tersebut.

“Anak juga mengimitasi gaya para selebritas atau tokoh dalam tayangan tersebut, tanpa memahami makna (value) dari kata maupun gaya yang cenderung negatif. Misalnya, ketika mengejek atau merendahkan orang,” kata Aurora kepada Uzone.id.

Balita cenderung mudah meniru, karena memiliki perkembangan bahasa yang cepat. “Misalnya, ada kata-kata unik, baru, dan ditonjolkan atau diulang-ulang, anak cenderung mengikutinya,” ujar Aurora.

Faktor lingkungan juga sangat memengaruhi anak. Maksudnya, anak akan lebih terpengaruh kalau lingkungan di sekitar anak (misalnya, orang tua atau teman di sekolah) juga berperilaku seperti yang ada di tayangan tersebut.

Memang banyak riset mengatakan bahwa tayangan televisi memberikan dampak pada anak. Tapi, Aurora menekankan bahwa orang tua juga berperan dalam hal itu.

“Termasuk dalam hal mengawasi dan memberi akses. Sebab kalau tidak diberi akses, atau misalnya cuma sekali nonton, anak juga tidak akan menyerap. Tapi kalau terus-terusan dan tidak dibatasi, anak bisa terbawa,” ungkap Aurora yang juga pendiri KEARA Konsultan Psikologi, Jakarta.

Jadi, orang tua punya peran penting dalam menyaring informasi yang diserap oleh anak. Anak lebih mudah menyerap, kalau orang tua juga bertindak seperti para selebritas di tayangan alay. Anak lebih mudah meniru hal negatif di tayangan alay, bila orang tua juga menonton dan menikmati acara tersebut secara rutin. 

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
20 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Feris Wandhy 13 October 2018 | 08:22:10

karena anak cenderung meniru tayangan alay di tv

aznizam7 az 29 August 2018 | 21:39:14

foto is a great idea for

Fenny Maulinda 29 August 2018 | 08:37:26

Jangan pernah berpura – pura, karena suatu bentuk kebohongan pasti akan terungkap seiring berjalannya waktu.

Islah Sahrul 29 August 2018 | 04:58:04

ta ke arah yang berlawanan dengan anak yang masih belum

Annie Cresta 29 August 2018 | 04:56:49

tapi kalau tidak salah jika anda bermimpi sedang berada pada kondisi

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top