icon-category Digilife

Daftar Calon Pemilik Baru TikTok

  • 19 Aug 2020 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Presiden Amerika Serikat Donald Trump bersikap tegas soal aplikasi asal China yang berkembang di negara itu. Salah satunya adalah TikTok.

    Trump memerintahkan agar TikTok harus menjual sebagai operasionalnya ke perusahaan Amerika supaya bisa berbisnis di sana. Alhasil, aplikasi hiburan ini pun menjadi komoditi panas.

    Sejumlah perusahaan pun kepincut untuk membeli TikTok, ada yang terang-terangan dan ada juga yang membantahnya. Walaupun hasil akhirnya akan ditentukan nanti.

    Baca juga: TikTok Rilis Situs Web untuk Lawan Kabar Miring Perusahaan

    Sambil melihat siapa yang memenangkan calon pemilik baru, berikut Uzone.id rangkum daftar perusahaan asal Amerika Serikat yang antre beli TikTok.

    Twitter

    Kabar ini terkuak dari Wall Street Journal, dalam tulisannya disebutkan bahwa Twitter mengklaim jika platform ini dikombinasikan dengan TikTok maka akan menjadi platform yang lebih menarik.

    Sumber Wall Street Journal mengatakan jika pembahasan antara keduanya pun sedang berlangsung. Nantinya Twitter akan bertanggung jawab dalam operasional TikTok di Amerika.

    Namun belum jelas apakah nantinya kerja sama itu dalam bentuk akuisisi atau bukan. Bahkan nilai kerja sama keduanya pun belum diekspos.

    Apple

    Menurut sumber yang didapatkan oleh Dan Primack dari situs berita Axios Media bahwa Apple salah satu perusahaan lainnya yang tertarik untuk membeli TikTok.

    Namun, Apple sendiri langsung membantah bahwa tidak melakukan diskusi dengan ByteDance dan mereka tidak tertarik untuk membeli TikTok.

    Oracle

    Oracle juga menyatakan minat serupa. Mengutip Mashable, Oracle turut bergabung dalam perlombaan pembelian TikTok.

    Baca juga: Donald Trump Punya Akun di Aplikasi Pesaing TikTok

    Keputusan Oracle dinilai agak aneh, mengingat Oracle pada dasarnya adalah perusahaan Business to Business (B2B) yang menjual perangkat lunak berbasis data. Sementara itu, TikTok adalah aplikasi yang menyasar kalangan muda di seluruh dunia.

    Namun, ketertarikan Oracle terhadap TikTok dikabarkan didukung oleh kemampuan finansial perusahaan. Dengan kata lain, Oracle memiliki dana lebih dari USD 37 miliar (sekitar Rp547 triliun) dalam bentuk tunai.

    Microsoft

    Ini adalah kandidat paling kuat. Microsoft mengatakan jika keduanya akan memulai diskusi untuk akuisisi dan diharap bisa selesai pada 15 September nanti.

    Nantinya, Microsoft akan menawarkan membeli operasional TikTok di beberapa negara berbahasa Inggris seperti Amerika, Kanada, Australia dan New Zealand. Artinya, Microsoft akan memiliki dan mengelola operasional TikTok, dan kantornya di negara-negara ini.


    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini