icon-category Travel

Di Tempat ini Wisatawan Sering Tewas Akibat Selfie

  • 27 Jan 2017 WIB
  • Bagikan :

    Pejabat publik di Plitvice Lakes, salah satu taman Nasional di Kroasia, prihatin dengan banyaknya wisatawan yang nekat mempertaruhkan hidupnya untuk mencari spot sempurna dalam membuat selfie di salah satu Situs Warisan Dunia tersebut.

    Awal bulan ini, The Kroasia Mountain Rescue membuat cuitan di akun twitter mereka untuk pengikutnya, "berhenti membuat hal bodoh dan berbahaya untuk narsis" menyusul insiden yang melibatkan seorang turis Kanada yang terjatuh dan nyaris tewas ketika mencoba mengambil foto selfie nya pada titik pandang paling populer di tempat tersebut.

    Menurut The Telegraph, turis yang terjatuh tersebut terselamatkan akibat cabang pohon yang membantu menahan jatuhnya ke jurang.

    Katarina Poljak, salah satu pengurus taman, mengatakan kepada media Kroasia, "Pengunjung tidak lagi puas dengan berjalan di jalan yang telah disediakan tapi mereka justeru lebih suka menjauh dari keramaian dan mendapatkan foto yang bagus."

    Awal tahun ini, seorang turis Slovakia berusia 54 tahun meninggal setelah ia dikabarkan mengabaikan peringatan batas lokasi yang sudah ditandai tulisan peringatan dengan melompati pagar pembatas untuk mendapatkan selfie di tepi tebing.

    Maria Braun, seorang berusia 82 tahun dari Jerman, juga meninggal ketika terjatuh dari tempat yang sama di sepanjang Danau Plitvice, tahun lalu.

    Data dari Taman nasional ini mengalami lonjakan pengunjung dalam beberapa tahun terakhir, data tersebut menyambut sekitar 1,2 juta tamu pada tahun 2015 atau rata-rata 15.000 orang per hari.

    Direktur Plitvice Lakes, Andjelko Novosel, mengatakan pada media setempat bahwa UNESCO telah menyuarakan keprihatinan tentang situs alam tersebut, yang menjadi salah satu dari delapan Situs Warisan Dunia di negara tersebut yang kini mulai kehilangan statusnya karena kepadatan pengunjung dan pembangunan.

    "Plitvice menghadapi dua masalah utama: kunjungan yang berlebihan dan konstruksi berlebihan, seperti yang diungkap UNESCO pada halaman web resminya," ungkapnya.

    Selain peringatan tamu tentang narsis yang membahayakan, pemerintah juga berencana untuk memberlakukan larangan sandal jepit dan sandal, dalam upaya untuk mencegah lebih banyak kecelakaan.

    Didirikan pada tahun 1949, Plitvice Lakes adalah taman nasional tertua di Kroasia. Ia menarik wisatawan dengan kerumunan besar karena keunikan danau yang berwarna cerah, air terjun terjal dengan formasi batuan karst.

    UNESCO mengatakan, di berbagai belahan dunia juga mengalami hal yang sama dengan Kroasia, yaitu para turis yang membahayakan diri mereka sendiri saat mengambil foto. bahkan yang terbaru awal bulan ini, seorang turis Jerman juga jatuh dan tewas saat berpose untuk fotonya di Machu Picchu, benteng Inca di Peru selatan. 

    Berita terkait:
    Dejan Lovren Alih Profesi Jadi Penata Rambut?
    Indonesia Berupaya Keras Keluarkan 3 Taman Nasional dalam Bahaya
    Ryan Giggs Ingin Gelandang Real Madrid Ini ke United, Tapi ...
    undefined
    undefined
     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini