icon-category Food

Asal-Usul 5 Makanan Ini Pasti Buat Kamu Ternganga!

  • 14 Aug 2019 WIB
  • Bagikan :

    (Foto: Kentang Goreng/Pixabay)

    Uzone.id - Setiap daerah pasti punya makanan khasnya masing-masing, tetapi siapa sangka kalau ternyata makanan yang kita kira adalah khas satu daerah tertentu ternyata bukan dari sana?

    Buat menambah pengetahuan kamu, berikut ini Uzone punya 5 daftar makanan yang kamu kira tahu asalnya dari mana tapi ternyata kamu salah, yang dilansir dari Listverse. Siap?

    1. Saus tomat

    Saus tomat atau dalam bahasa Inggris disebut 'ketchup' mungkin sudah populer sebagai sambal standar Amerika. Biasanya, ia dijadikan topping untuk hot dogs dan hamburger atau saus pilihan, khususnya bagi anak-anak.

    Saking populernya, menurut data ada 97 persen rumah tangga di AS setidaknya menyimpan satu botol saus tomat ini untuk persediaan mereka. Jelas sekali kalau ini adalah produk asli negeri Paman Sam ini kan?

    Tapi, asal kamu tahu. Saus tomat aslinya berasal dari China, loh! Kata 'ketchup' dalam bahasa Inggris berasal dari bahasa Hokkien China yaitu 'ke-tsiap' yang juga merujuk pada saus dari fermentasi ikan dan sangat populer di wilayah China tenggara.

    Orang Barat pun mengambil inspirasi dari saus ini dan mulai memproduksinya sendiri dan menjadikannya sebagai bagian dari resep untuk pasta yang dipublikasikan pada 1732 oleh Richard Bradley.

    2. Ayam goreng

    Ayam goreng punya cerita lain. Jika kamu mengira ayam goreng berasal dari Amerika Selatan, kamu ternyata salah.

    Bukannya tak menghormati Kolonel Sanders dan 11 bumbu resep rahasianya nih. Namun, kamu pasti ga menyangka kalau ayam goreng aslinya berasal dari Skotlandia. Whaaatt?

    Yaps, kamu ga salah. Itulah kenyataannya. Pada abad pertengahan, orang Skotlandia adalah satu-satunya yang lebih memilih memasak ayam mereka dalam minyak panas yang kita kenal dengan metode 'goreng'. Pada 1800an, banyak imigran Skotlandia datang ke Amerika Serikat dan sebagian besar berpopulasi di Amerika Selatan dan membawa makanan ini ke dalam keseharian mereka.

    Tentu saja mereka dibantu dengan budak yang berasal dari Afrika saat itu, yang kemudian menjadikan makanan ini seperti ayam goreng yang kita kenal sekarang.

    3. Kentang goreng

    Jika menilik bahasa Inggris kentang goreng yaitu 'french fries', kamu pasti mengira kalau makanan ini berasal dari Prancis, bukan?

    Faktanya kamu salah lagi. Satu teori yang kuat mengungkap kalau kentang goreng renyah yang dimasak hingga berwarna keemasan ini awalnya berasal dari Belgia.

    Penduduk desa di dekat Sungai Meuse kerap memakan ikan goreng sebagai makanan pokok dan saat musim dingin, sungai yang membeku membuat penduduk tak bisa memakan ikan sehingga mereka akhirnya menggoreng kentang untuk makanan mereka.

    Beredar rumor bahwa tentara AS lah yang membuatnya menjadi seakan berasal dari Prancis. Pasalnya, penduduk Belgia pun berbahasa Prancis sehingga tentara AS pun menyebutnya 'french fries' alias gorengan Prancis.

    4. Panekuk/pai

    Coba tebak makanan apa yang populer sejak 30 ribu tahun lalu? Yaps, panekuk alias pai adalah salah satunya.

    Tanya kenapa? Menurut penelitian, panekuk ternyata ada loh di dalam perut jasad seorang Otzi the Iceman (manusia purba di Eropa) yang ditemukan 5.300 tahun lalu.

    Dalam Roma dan Yunani kuno, panekuk dibuat dari perpaduan madu, tepung, minyak zaitun dan susu kental.

    Selama periode renaisans Inggris, menu sarapan ini kian populer dengan tambahan selai apel, minuman anggur, atau rempah-rempah.

    5. Bekon/daging asap

    Siapa sangka kalau daging sapi atau babi asap atau yang biasa disebut bekon ini sudah disukai manusia sejak 1500 sebelum Masehi? Yang lebih mengejutkan lagi, siapa yang sangka kalau makanan ini ternyata berasal dari China kuno?

    Yaps, saat itu warga China mengasapi daging perut babi dengan garam dan muncul bekon.

    Sejak itu, lewat penaklukan, bangsa Roma dan Yunani mengetahui proses pengasapan ini dan mulai menciptakan bekon mereka sendiri.

    Bangsa Roma kuno sebelumnya menciptakan bekon yang dikenal dengan nama 'petaso', yang merupakan daging bahu babi yang direbus dengan buah ara kering hingga kecoklatan dan disajikan dengan minuman anggur.

    Kata bekon sendiri sebenarnya bisa ditelaah dari berbagai asal. Misalnya, bahasa Prancis yaitu 'bako', bahasa Jerman 'bakkon' dan bahasa kuno Teutonik 'backe'. Semuanya itu merujuk pada bagian punggung seekor babi.

    Di abad ke-17, akhirnya semua setuju kalau kata bekon merujuk pada bagian perut babi/sapi yang diasapi dan dibumbui garam.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini