icon-category Auto

Lho, kok Bus Zhong Tong Layani TransJakarta Lagi?

  • 16 Oct 2019 WIB
  • Bagikan :

    Bus gandeng merek Zhong Tong (Foto: Instagram @alicia_reva_44.503.1644)

    Uzone.id - Bus gandeng Zhong Tong buatan China kini bisa kembali melenggang kangkung melayani koridor TransJakarta. Padahal, bus yang dipakai saat ini sudah datang ke Indonesia sejak 2016.

    Mungkin pengguna TransJakarta harap-harap cemas ya. Wajar saja sih, karena bus ini track record-nya tak sebagus bus merek Volvo dan Scania buatan Swedia, Mercedes-Benz buatan Jerman, dan Hino merek Jepang yang ini sangat diandalkan oleh TransJakarta.

    Bus Zhong Tong pernah terbakar ketika melewati Gedung PMI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, pada 8 Maret 2015. Padahal, bus yang terbakar itu baru dioperasikan 3 hari.

    Kasus kebakaran itu bikin 30 unit bus Zhong Tong ditarik dari peredarannya dan kemudian dikandangkan untuk dicek keamanannya.

    Tak berlangsung lama, bus Zhong Tong kemudian beroperasi lagi pada 1 April 2015 setelah dinyatakan layak beroperasi lagi.

    Baca juga: Setelah TNI AU, Kementerian Pertahanan Resmi Pakai Esemka Bima

    Meski demikian, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saat menjabat Gubernur DKI Jakarta saat itu bikin keputusan gak lagi membeli bus Zhong Tong.

    Menurut sumber Uzone.id yang pernah bekerja di PT TransJakarta, permasalahan bus Zhong Tong tak cuma terbakar saja. Saat baru tiba di Indonesia saja ada yang sudah berkarat.

    Mulai Jumat, 11 Oktober 2019, Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD) telah mengoperasikan lagi bus gandeng Zhong Tong sebanyak 21 unit sebagai armada TransJakarta. Sisanya 38 unit bus Zhongtong ditargetkan beroperasi akhir bulan ini. Total ada 59 unit yang sudah didatangkan Perum PPD.

    VIDEO Test Drive Hyundai Kona

    Bagi uzoners yang memanfaatkan transportasi TransJakarta gak perlu khawatir karena bus Zhong Tong yang beroperasi sekarang didatangkan pada tahun 2016. Bus Zhong Tong yang ada sekarang diklaim telah memenuhi spesifikasi.

    Bus gandeng Zhong Tong milik Perum PPD ini telah melayani Koridor 1 (Blok M – Kota), Koridor 3 (Kalideres – Pasar Baru), Koridor 5 (Kampung Melayu – Ancol), Koridor 10 (Tanjung Priuk – PGC), serta Koridor 7C (Cibubur – BKN). Sebelumnya, Mayasari Bakti juga telah memanfaatkan bus gandeng merek Scania sejak 2018.

    Bus gandeng Zhong Tong yang dipakai TransJakarta model 6180GC City Bus. Berikut spesifikasinya:

    Manufaktur: Doosan

    Panjang x lebar x tinggi : 17.990 mm x 2.500 mm x 3.600

    Bahan bakar: Gas alam

    Tipe mesin: Straight 4 stroke, water cooling, turbocharging, intercooling, direct injection

    Daya maksimal: 306 kw

    Torsi maksimal: 1.373 Nm

    Suspensi: suspension udara airbag 2 di depan, 4 di tengah dan 4 di belakang.

    Sistem suplai BBG: AINY

    Kapasitas penumpang: 175 orang

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini