home ×
Technology

Waduh, Asisten Digital Siri di iPhone Bisa ‘Nguping’ Obrolan Pribadi

29 July 2019 By
Waduh, Asisten Digital Siri di iPhone Bisa ‘Nguping’ Obrolan Pribadi
Share
Share
Share
Share

(Ilustrasi)

Uzone.id -- Fitur asisten digital seperti Siri memang bisa memudahkan aktivitas sehari-hari. Tapi, belakangan ada kabar yang kurang enak: Siri bisa ‘nguping’ pembicaraan manusia.

Seorang mantan karyawan Apple membeberkan hal ini kepada media The Guardian, bahwa Siri sifatnya memang mudah diaktifkan dan memiliki kemampuan mendengarkan percakapan pribadi penggunanya, mulai dari obrolan dengan dokter, transaksi narkoba, hingga hubungan seksual.

Mantan karyawan Apple itu juga bilang, ia dan timnya “telah menyaksikan banyak sampel rekaman yang berisi diskusi pribadi antara dokter dan pasien, perjanjian bisnis, transaksi kriminal, aktivitas seksual, dan hal-hal lain lengkap dengan lokasi, detail kontak, dan data aplikasi”.

Baca juga: Bener Gak sih, Instagram Suka Nguping Obrolan Orang Lewat Mikrofon Ponsel?

Selain dari iPhone, perangkat Apple Watch juga menjadi ‘dalang’ karena jam tangan pintar ini dipercaya bisa bikin Siri aktif secara gak sengaja jika pengguna mengangkat pergelangan tangan. Gerakan ini seringkali membangunkan Siri.

Mengutip Forbes, Apple telah mengonfirmasi kabar ini dan mengklaim bahwa hanya 1 persen rekaman digunakan untuk merespons permintaan konsumen dan menghitung seberapa sering Siri tak sengaja diaktifkan.

Kacaunya, Guardian mencatat, 1 persen pun bukan angka yang kecil karena ada 500 juta Siri yang diaktifkan di berbagai perangkat Apple.

Baca juga: Facebook Bikin Pesaing Siri dan Alexa

Apple juga bersikeras mengatakan pihaknya tidak menyimpan data dengan nomor Apple ID atau nama pengguna yang bisa secara langsung mengidentifikasi identitas si pengguna itu.

“Porsi kecil dari permintaan Siri telah dianalisis demi meningkatkan layanan perintah suara dan Siri itu sendiri. Apapun yang diucapkan oleh pengguna tidak ada hubungannya dengan Apple ID mereka. Tanggapan Siri dianalisis di fasilitas aman dan semua reviewer memiliki kewajiban untuk menjaga kerahasiaan,” begitu tanggapan Apple.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id