icon-category Auto

LAPAN Kunjungi Helikopter Rakitan Buatan Jujun Junaedi

  • 20 Nov 2019 WIB
  • Bagikan :

    Helikopter rakitan Gardes JN 77 buatan Jujun Junaedi (Foto: Instagram @lapan_ri)

    Uzone.id - Helikopter rakitan bernama Gardes JN 77 buatan Jujun Junaedi akhirnya mengundang penasaran Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) untuk berkunjung langsung menemui Jujun yang tinggal di Kampung Cibubuay, Desa Darmareja, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Selasa (19/11/2019).

    Kunjungan dari pihak LAPAN diabadikan dengan unggahan gambar di Instagram resmi milik LAPAN.

    Menurut LAPAN, Jujun yang kerjanya di bidang las dan mesin bubut merakit helikopter dengan mesin penggerak genset (generator set) 2 silinder bervolume 700 cc dengan kekuatan 24 hp berbahan bakar premium. Pembuatan helikopter rakitan itu sudah menghabiskan biaya Rp 30 juta.

    Baca juga: Potensi Renault Triber di Indonesia, Bisa Kayak Kacang Goreng?

    Kehadiran tim LAPAN ini atas instruksi langsung Bambang Brodjonegoro, Menteri Riset, Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional kepada Kepala LAPAN. Teuku Mohammad Ichwanul Hakim (Ichwan) peneliti muda Pusat Teknologi Penerbangan saat berdiskusi dengan sang perakit helikopter menyampaikan edukasinya perihal helikopter seperti mengenai teknis wahana terbang (helikopter), prinsip dasar helikopter, komponen-kompen utama, teknis dasar dan mekanikal soal.

    Kabag Humas LAPAN, Jasyanto juga ikut meninjau karya Jujun. Pihak LAPAN berharap karya Jujun bisa memotivasi kalangan milenial untuk bisa berinovasi dan berkarya di bidang teknologi khususnya penerbangan.

    Baca juga: 3 Kelemahan Renault Triber dan Alasan Gak Harus Dibeli

    “Apabila nantinya helikopter ini tidak mampu untuk terbang atau tidak memenuhi persyaratan untuk terbang agar dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar ataupun masyarakat luas sebagai wahana edukasi," kata Jasyanto.

    Dia menambahkan, hal ini untuk mengingatkan kembali bahwa ada anak muda bangsa Indonesia yang memiliki pemikiran ke depan dengan cita-cita hasil karya di bidang teknologi yang dilakukan secara otodidak dan biaya sendiri.

    "Jadi bagi kalian generasi muda yang memiliki inovasi karya teruslah berusaha semaksimal mungkin dan yang paling penting jauhilah narkoba buat hidup kalian menjadi positif dan motivasi bagi orang lain," harap LAPAN.

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini