home ×
Digilife

#GerhanaMatahariCincin Ramai di Twitter, Netizen Kecewa Cuaca Mendung

26 December 2019 By
#GerhanaMatahariCincin Ramai di Twitter, Netizen Kecewa Cuaca Mendung
Share
Share
Share
Share

(Ilustrasi/Foto: theweathernetwork)

Uzone.id -- Fenomena Gerhana Matahari Cincin yang akan sambangi wilayah Indonesia hari ini, Kamis (26/12) berhasil bikin euforia tersendiri di kalangan warganet Tanah Air. 

Seperti biasa, pembahasan yang bikin heboh jagat maya akan muncul berupa tagar khusus. Kali ini, netizen Indonesia menggemakan tagar #GerhanaMatahariCincin di media sosial, khususnya Twitter.

Sejak pagi ini, #GerhanaMatahari masuk jajaran Trending Topic Twitter wilayah Indonesia dengan jumlah cuitan lebih dari 3.000 twit.

Berbagai kicauan netizen terkait fenomena unik ini, namun ternyata tak sedikit yang mengaku kecewa dan insecure karena prediksi cuaca yang tampaknya akan mendung hingga hujan di hari ini. 

Baca juga: Heboh Sambut Gerhana Matahari Cincin, Simak Fakta Menariknya

Memang sih, belakangan sedang sering hujan lebat. Kalau awan sudah mendung, apalagi ditambah hujan, kemungkinan masyarakat akan sulit mengamati Gerhana Matahari Cincin ini.

Selain perasaan kecewa, masih banyak juga lho netizen kaum gombal yang mengaitkan Gerhana Matahari Cincin dengan nasib percintaan. Nih, baca aja twit-twit mereka, dijamin auto-ngakak.

Mengutip Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika Bulan berada segaris dengan Bumi dan Matahari. Bulan akan berada pada titik apogee, piringan Bulan akan tampak lebih kecil daripada piringan Matahari dan tak akan menutupi piringan Matahari sepenuhnya.

Kerucut umbra tidak sampai ke permukaan Bumi dan akan terbentuk kerucut tambahan yang disebut antumbra. Pengamat yang berada dalam wilayah antumbra akan melihat Matahari tampak seperti cincin di langit.

“Tiap daerah berbeda waktunya. Jalur GMC [Gerhana Matahari Cincin] hanya melintasi wilayah Aceh, Sumatra Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur. Wilayah lain di INdonesia mengalami Gerhana Matahari Sebagian,” ucap Thomas saat dihubungi Uzone.id.

Lebih lengkapnya, GMC ini bisa diamati di Sibolga, Padang Sidempuan, Pulau Pedang, Pulau Rangsang, Batam, Tanjung Pinang, Singkawang, Makulit, Tanjung Selor, dan Berau.

Sedangkan Jabodetabek gak bisa benar-benar menikmati GMC secara maksimal seperti daerah di atas. Namun, masyarakat tetap bisa menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian pukul 10.43 WIB sampai 14.52 WIB.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id