icon-category Startup

Hari Kartini, Tokopedia Junjung Kesetaraan untuk Karyawan dan UMKM

  • 21 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Aplikasi Tokopedia

    Uzone.id - Hari Kartini dirayakan Tokopedia dengan terus mendukung kesetaraan di lingkungan karyawan dan juga pegiat usaha UMKM di platformnya.

    Tak hanya kesetaraan untuk wanita, Tokopedia juga menghadirkan fasilitas gedung Tokopedia Care yang ramah difabel, mulai dari jalur pejalan kaki khusus, lift platform vertikal, pegangan tangan kamar mandi, hingga ruang sholat khusus.

    Tokopedia juga memberikan fasilitas penunjang bagi ibu berkarier, dan juga benefit maternity leave untuk perempuan dan paternity leave bagi laki-laki.

    “Siapa pun talenta digital terbaik, baik perempuan, laki-laki, orang tua, difabel dan masih banyak lagi, punya kesempatan yang sama untuk berkarya bagi Indonesia lewat Tokopedia,” ungkap VP of Seller Experience Tokopedia, Puput Hidayat.

    Saat ini, ada lebih dari 6.000 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) yang bergabung di Tokopedia dan berasal dari berbagai profil. 

    Baca juga: Ramadan In Style, Kampanye Tokopedia untuk UMKM Fashion

    Selain memberikan fasilitas yang memadai bagi para karyawannya, Tokopedia juga menghadirkan serangkaian inisiatif untuk para pegiat UMKM lokal yang ada di platformnya.

    Di Tokopedia sendiri, hampir 100 persen pegiat usahanya merupakan UMKM lokal yang tersebar dari penjuru Indonesia. Salah satu inisiatif yang sudah berlangsung adalah HyperLocal yang mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat.

    “Tokopedia juga kini fokus menjalankan inisiatif Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat sehingga UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh,” ujar Puput.

    Hari Kartini, Tokopedia Dorong Kesetaraan Peluang untuk Bersama Pulihkan Ekonomi Indonesia

    Memperingati Hari Kartini pada 21 April 2021, Puput juga mengungkapkan laporan data internal yang menunjukkan bahwa jumlah perempuan pegiat UMKM di Tokopedia naik 2,5 kali lipat di 2021 dibandingkan 2020.

    Ada pun kota-kota yang mengalami peningkatan jumlah pegiat usaha perempuan adalah Pekanbaru, Palembang, Pekalongan, Denpasar dan Balikpapan.

    Salah satu Kartini UMKM lokal di Tokopedia adalah pemilik usaha Dekayu dan Diet Special Needs.

    Yaniar Fernanda selaku pemilik Dekayu memberdayakan sejumlah pengrajin kayu sekaligus ibu rumah tangga untuk menghasilkan peralatan makan serta dekorasi rumah dari kayu jati dan serat alam.

    Ada juga Diet Special Needs untuk memenuhi kebutuhan makanan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). 

    Baca juga: Ramadan Makin Dekat, Tren Hampers di Tokopedia Naik 2x Lipat

    Difansa Rachmani, Pemilik Diet Special Needs memulai usaha ini karena memiliki anak berkebutuhan khusus dan melihat peluang untuk memberikan kesempatan agar ABK mendapat opsi makanan yang sesuai kebutuhan.

    Yaniar dan Difansa adalah dua dari sekian banyak pemilik usaha yang mengalami peningkatan penjualan di Tokopedia. 

    Tercatat di Ramadan 2021, transaksi Dekayu di Tokopedia mengalami peningkatan sebanyak 4 kali lipat, begitupun Diet Special Needs yang mengalami peningkatan hingga 10 kali lipat.

    Keduanya memaksimalkan program serta fitur yang disediakan oleh Tokopedia untuk para sellernya, mulai dari program Home Living SALEbrations dan Parsel Ramadan. Lalu memanfaatkan TopAds yang merupakan fitur beriklan dari Tokopedia.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini