icon-category Gadget

First Look Samsung Galaxy Z Fold5 yang Tipis dan Tanpa Celah

Uzone.id - Samsung Galaxy Z Fold5 dikabarkan mengusung engsel yang lebih canggih dari sebelumnya, walau secara ‘muka’ masih tak ada perubahan dibanding sebelumnya. Engsel bergaya teardrop ini bikin ponsel bisa dilipat sepenuhnya dan tidak meninggalkan celah sama sekali.

Bocoran ini terus berembus, diperkuat dengan berbagai sketsa dan render ponsel yang beredar di internet. Tapi baru-baru ini, kita akhirnya bisa melihat kerennya upgrade yang dikasih Samsung untuk Galaxy Z Fold5 dari spyshot yang tersebar di Twitter.

Foto-foto ini diunggah oleh akun Ahmed Qwaider, meski sekarang fotonya sudah dihapus dari Twitter. Terlihat, Samsung Galaxy Z Fold5 tampak lebih tipis dibanding sebelumnya.

alt-img

Hal ini sesuai dengan bocoran yang sudah lama beredar, dimana Galaxy Z Fold5 dikabarkan punya ketebalan 13,4 mm saat dilipat, jauh lebih tipis dari sebelumnya dengan ketebalan berkisar antara 14,2 hingga 15,8 mm.

Namun yang lebih menarik perhatian dari foto tersebut adalah, tak ada celah sama sekali di antara layar saat ponsel dilipat. Berkat desain engsel yang baru, Samsung akhirnya berhasil menciptakan smartphone layar fleksibel yang bisa dilipat sepenuhnya, plus memberikan ketahanan lebih baik dari Galaxy Z Fold4.

alt-img

Dikutip dari phoneArena, selain celah yang bisa diminimalisir dan profil bodi keseluruhan yang lebih tipis, engsel yang baru juga memberikan ketahanan terhadap debu pada ponsel ini. Kabarnya, Samsung Galaxy Z Fold5 sudah tersertifikasi IP58 yang berarti tahan air dan debu.

Standar ini jauh lebih baik ketimbang Google Pixel Fold, Motorola Razr Plus, maupun Oppo Find N2 Flip, jika di-compare masalah daya tahan terhadap debu. 

Ubahan minor di eksterior

alt-img

Sesuai dengan render yang beredar, memang tak ada ubahan signifikan pada desain eksterior Samsung Galaxy Z Fold5. Bagian belakang misalnya, hanya ada satu perubahan kecil yang sama sekali tidak memengaruhi pengalaman pengguna, yakni posisi LED flash yang berada di bawah kamera.

Besar kemungkinan, Samsung pun tak memberikan ubahan yang berarti pada bagian depan smartphone lipat premiumnya. 

Bicara spesifikasi, Samsung Galaxy Z Fold5 akan ditenagai prosesor Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy, chipset yang sama dengan Samsung Galaxy S23 Series. Di bagian kamera, tak ada revisi kofigurasi, masih kamera utama 50 MP, kamera telephoto 10 MP, kamera ultrawide 12 MP, kamera depan 10 MP, dan in-display camera pada layar utama dengan resolusi 4 MP.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini