icon-category Digilife

Ngebut Digitalisasi, Leap Telkom Sambangi Jawa Timur

  • 14 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :
    Direktur Digital Business Telkom M. Fajrin Rasyid (kiri) menyerahkan cindera mata kepada Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak dalam acara kunjungan kerja dan audiensi terkait pengenalan produk dan layanan digital unggulan Leap, di antaranya BigBox, Logee, PaDi UMKM, dan SooltanPay, serta Agree untuk mendukung aktivitas pemerintahan demi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, Surabaya, Jumat (11/3)

    Uzone.id – PT Telkom Indonesia melalui payung brand Leap, hadir untuk mendorong percepatan digitalisasi di berbagai sektor, termasuk instansi, korporasi, hingga pemerintah melalui solusi dan produk serta layanan digital unggulan. Guna mempercepat alias ngebut proses digitalisasi ini, Leap Telkom menyambangi Jawa Timur.

    Direktur Digital Business Telkom, Muhammad Fajrin Rasyid melakukan kunjungan kerja dan audiensi dengan Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak pada 11 Maret 2022. Ia memperkenalkan beberapa produk dan layanan digital unggulan Leap seperti BigBox, Logee, PaDi UMKM, SooltanPay, dan Agree.

    Kehadiran produk dan layanan digital yang dinaungi Leap Telkom ini tentunya hadir untuk mendukung aktivitas pemerintahan demi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

    Emil menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan dan inisiatif Telkom khususnya bagi Provinsi Jawa Timur yang sejalan dengan harapan Menteri BUMN dalam melahirkan inovasi digital.

    Baca juga: Sinergi Telkom dan TNI Perkuat Komunikasi di Wilayah 3T

    Tak hanya itu, Emil juga menyampaikan atensi dalam pemanfaatan solusi big data milik Telkom, yakni Bigbox.

    “Diharapkan ada use case terhadap big data yang praktikal sehingga dampak dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat. Saya melihat BigBox sebagai sebuah platform yang memungkinkan kita untuk bersentuhan dengan berbagai informasi dan Satu Data Indonesia pun bisa kita nikmati,” ujarnya dalam pernyataan yang diterima Uzone.id.

    Proses penandatanganan kerja sama Telkom dilakukan dengan PT Sangolas Manggala Jaya dan PT Sandhega Nusa Bersaudara terkait Implementasi Digitalisasi Sektor Pertanian Jagung.

    Tak hanya itu, secara rinci, penandatanganan Minute of Meeting (MoM) antara Telkom juga dilangsungkan dengan Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Sidoarjo, dan Malang, serta Jatim Park Group terkait Implementasi Satu Data.

    Foto: Instagram @fajrinrasyid

     

    Penandatanganan ini dilakukan oleh para General Manager Witel Telkom dan Kepada Dinas Kominfo Kabupaten serta para pimpinan perusahaan, yang disaksikan secara langsung oleh Fajrin.

    "Kami berterima kasih kepada Telkom dan Agree atas kesempatan kerja sama ini, diharapkan melalui kerja sama yang dijalin dapat mendukung monitoring para petani kami agar menanam sesuai prosedur yang telah ditetapkan guna menghasilkan jagung berkualitas, sehingga dapat turut membantu meningkatkan kesejahteraan para petani," ujar Ivan Tri Bramantyo selaku Direktur PT Pandhega Nusa Bersaudara.

    Dalam sambutannya, Fajrin Rasyid, menyampaikan bahwa Telkom berkomitmen untuk senantiasa mendukung digitalisasi di berbagai sektor guna mendorong percepatan eksositem digital Indonesia melalui kerja sama dengan berbagai pihak terkait.

    “Kami berharap, Telkom bersama seluruh pihak di berbagai sektor termasuk sektor pemerintahan, industri, hingga UMKM dapat menjadi pemain utama dalam meningkatkan ekonomi digital Indonesia, guna mempercepat terwujudnya ekosistem digital Indonesia,” tutur Fajrin.

    Foto: Instagram @fajrinrasyid

     

    Sebagai wujud dukungan digitalisasi di segala sektor, termasuk pendidikan, Fajrin Rasyid juga mengadakan pertemuan dengan civitas akademika Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) guna membuka peluang kerja sama pengembangan talenta digital dari Jawa Timur.

    Fajrin juga berkesempatan memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa ITS dalam program Digistar Connect 2022 yang diselenggarakan secara hybrid (daring dan luring) yang turut dihadiri oleh Rektor ITS, Mochamad Ashari.

    Baca juga: Telkom Gencarkan Teknologi Green Digital untuk Konservasi Hutan

    Pengalaman kunjungannya ini juga dibagikan oleh Fajrin melalui akun Instagramnya.

    Senang sekali sejak beberapa hari terakhir saya berada di Surabaya dalam rangka Digital Business Roadshow. Sesampainya di Surabaya, saya bertemu dengan Raiders TREG 5 dalam acara Ngobrol Santai dan di malam harinya saya berbagi cerita dengan teman-teman PaDi dan beberapa pemilik UMKM lokal,” ungkap Fajrin dalam unggahannya pada Senin (14/3).

    Kisah Fajrin berlanjut pada hari berikutnya, ia berolahraga lari pagi ditemani oleh GM Witel dan para Telkom Runner Surabaya di Lapangan Thor, Wonokromo. Setelah itu, ia menghadiri kegiatan penandatanganan kerja sama MoU implementasi Satu Data.

     
     
     
     
     
    View this post on Instagram
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     

    A post shared by Muhamad Fajrin Rasyid (@fajrinrasyid)

    Hal ini sebagai komitmen Telkom Indonesia melalui Agree dan BigBox mendukung digitalisasi pertanian dalam negeri. Terakhir, saya bertemu dengan Rektor ITS Bapak Mochammad Ashari beserta jajaran rektorat dan juga civitas akademika ITS dalam acara Digistar Connect,” tulis Fajrin.

    Ia menyambung, “terima kasih Bapak Emil Dardak atas waktunya untuk kita dapat berdiskusi mengenai solusi digital serta kerja sama Telkom dengan Pemprov Jatim dalam mengimplementasikan solusi digital untuk mengakselerasi ekosistem digital masyarakat Jawa Timur.”

    Diketahui Leap Telkom ditargetkan dapat menjadi tuas akselerasi melalui kolaborasi dengan pihak pemerintah, startup lokal, kampus, dan perusahaan teknologi skala global.

    Kehadiran Leap ini diposisikan sebagai core engine untuk mengembangkan kedaulatan digital Indonesia melalui berbagai inovasi, mulai dari pengembangan startup potensial, local champion, hingga kolaborasi dengan produk keluaran raksasa teknologi global,

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini