Throwback Movie: 8 Hal Seru di Balik Film Fantasi ‘Charlie and the Chocolate Factory’

09 November 2018 by
<i>Throwback Movie</i>: 8 Hal Seru di Balik Film Fantasi ‘Charlie and the Chocolate Factory’

Uzone.id -- Kisah fantasi dari buku anak karangan Roald Dahl satu ini sukses membuat orang-orang ingin mampir ke pabrik cokelat milik Willy Wonka.

Film ‘Charlie and the Chocolate Factory’ yang disutradarai oleh Tim Burton ini dirilis 13 tahun lalu, yaitu pada 2005. Sudah lama juga, ya?

Meski pada pada 1971 sudah ada film yang mengadaptasi dari buku yang sama, ‘Charlie and the Chocolate Factory’ hadir di era milenium di mana visualisasinya sudah sangat bagus dengan cerita yang lebih familiar di kalangan masyarakat.

via GIPHY

‘Charlie and the Chocolate Factory’ menceritakan tentang Charlie Bucket (Freddie Highmore) yang mendapatkan tiket emas di dalam kemasan cokelat untuk bisa ikut tur ke pabrik cokelat terbesar dan paling ajaib di dunia milik Willy Wonka (Johnny Depp) yang sangat terkenal.

Tiket emas itu hanya tersedia sebanyak 5 buah saja yang secara acak diletakan di 5 bungkus cokelat Wonka yang didistribusikan ke sejumlah negara. Kelima anak yang berhasil menemukan tiket emas boleh ditemani oleh satu anggota keluarga saat tur pabrik.

5 anak yang berhasil dapat tiket emas itu adalah Charlie yang berasal dari keluarga pas-pasan, anak perempuan manja dari keluarga kaya Veruca Salt (Julia Winter), anak lelaki yang maruk Augustus Gloop (Wiegratz), perempuan kompetitif Violet (Anna SophiaRobb), dan Mike (Jordan Fry), anak cowok yang fanatik dengan TV 

Pabrik cokelat Wonka sendiri sangat ajaib karena hampir semua elemen di dalamnya terbuat dari cokelat, seperti sungai, batang pohon, dan lain sebagainya. Terlihat begitu menggiurkan, namun di balik itu semua tiap anak tetap harus bersikap baik sampai proses tur selesai. Jika berbuat nakal atau serakah, akan ada hukuman yang diberikan.

via GIPHY

Film fantasi ini tak hanya menyajikan kisah penuh moral yang mudah dipahami oleh anak-anak dan karakter-karakter unik, namun juga visualisasi keren yang membuat para penonton turut menghayal berada di dalam dunia penuh cokelat.

Kalau kalian belum tahu, beberapa hari lalu pihak Warner Bros. mengumumkan akan membuat film solo tentang karakter Willy Wonka dengan konsep prekuel. Beberapa aktor dikabarkan menjadi opsi untuk melakoni Wonka seperti Ryan Gosling hingga Donald Glover.

Untuk itu, di edisi Throwback Movie pekan ini, yuk bahas sedikit tentang beberapa hal seru di balik film tentang pabrik cokelat Wonka ini.

via GIPHY

1. Sang sutradara menolak pakai banyak efek komputer CGI

Tim Burton sengaja meminimalisir penggunaan efek digital pada film ini agar para aktor dan aktris yang masih anak-anak dapat betul-betul merasakan suasana ajaib nan magis di dalam pabrik cokelat Wonka.

2. Banyak cokelat asli yang digunakan sebagai properti!

Gara-gara menolak pakai banyak efek digital, alhasil dekorasi dan properti lain menggunakan materi sungguhan.

Perusahaan Nestle menyediakan 1.850 cokelat sungguhan, 781 ribu liter cokelat khusus dibikin untuk area sungai, dan 145 ribu liter cokelat lainnya untuk properti air mancur. Tak lupa toko cokelat bernama Choccywoccydoodah di Brighton, Inggris membantu merakit properti cokelat seperti pohon, bunga, dan lain-lain.

3. Properti permen juga asli!

Di dalam pabrik cokelat dengan desain seperti taman itu dihiasi oleh berbagai properti. Kalau kamu perhatikan, lolipop yang berada di atas pohon hingga permen besar warna merah-putih bentuk tongkat itu terbuat dari permen betulan.

4. Perahu Wonka bisa mengapung di sungai cokelat

Ada adegan di mana Wonka mengajak para tamu untuk naik ke atas perahu dan menyusuri sungai cokelat. Perahu itu betul-betul bisa mengapung di atas sungai yang terbuat dari cokelat sungguhan. Proses pembuatan perahunya memakan waktu 20 minggu.

5. Tupai yang muncul di film bukan efek digital

Masih ingat nggak, adegan di mana ada puluhan tupai dengan kompak memecahkan biji sebelum menyerang anak perempuan manja bernama Veruca? Ternyata tupai itu asli semua, jumlahnya ada 40 ekor yang secara khusus dilatih untuk adegan tersebut.

6. Johnny Depp alergi cokelat

Aktor kawakan Depp yang memerankan Willy Wonka sebagai pemilik pabrik cokelat mengaku alergi cokelat saat dia masih kecil.

7. Sebelum Depp, banyak aktor kondang lain yang dipertimbangkan jadi Wonka

Depp memang terbilang cocok memerankan karakter nyentrik Wonka. Sebelum peran ini jatuh ke tangannya, ternyata ada banyak opsi lain yang juga tak kalah keren. Mereka di antaranya adalah Jim Carrey, Robert De Niro, Dwayne Johnson, Michael Keaton, Bill Murray, Brad Pitt, Robin Williams, hingga sang Mr. Bean, Rowan Atkinson.

8. Gaji pemeran Oompa Loompa

Nggak lengkap ngomongin ‘Charlie and the Chocolate Factory’ tanpa Oompa Loompa, karakter kurcaci yang jumlahnya banyak dan gemar bernyanyi setiap ada anak kecil yang berbuat nakal dan tereliminasi.

Pemeran Loompa, Deep Roy sengaja mengulang gerakan tarian yang sama sampai ratusan kali. Tiap gerakan itu digabungkan secara digital agar tiap Oompa Loompa bisa menampilkan berbagai tarian yang sebenarnya hanya dilakukan oleh Roy seorang. Gara-gara ini, gaji Roy melambung menjadi US$1 juta.

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
540 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Rs Bian 19 November 2018 | 08:45:21

film chocolate factory nya seru banget,

Ika Riska 18 November 2018 | 15:57:22

seru banget filmnya gw suka film semacam ini sihir sihir gitu

Riki Martin 18 November 2018 | 14:15:04

film lama tapi masi keren samapi sekarang ga kalah

Rizkii 18 November 2018 | 13:05:05

menurut saya keren banget filmnya yah

mboh chanel 18 November 2018 | 11:36:57

jadi ngakak lihat ngakak lihat aslinya ha ha ha

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top