home ×
Film

Throwback Movie: 10 Fakta Seru tentang Film ‘Mary Poppins’ (1964)

28 December 2018 By
<i>Throwback Movie</i>: 10 Fakta Seru tentang Film ‘Mary Poppins’ (1964)
Share
Share
Share
Share

Uzone.id -- Karakter satu ini memang fiktif, namun kehadirannya sejak lebih dari lima dekade lalu menebar imajinasi dan nyanyian seru yang bisa dinikmati hingga masa sekarang. Datang dari langit dengan menggunakan payung ajaib, suara merdu, imajinatif, dan menginspirasi anak-anak, siapa lagi kalau bukan Mary Poppins.

Tak terasa, film ‘Mary Poppins’ versi orisinal sudah hadir di industri perfilman sejak 54 tahun lalu. Dirilis oleh Walt Disney Studios pada 1964, film musikal ini begitu ikonis sampai-sampai ada versi sekuel yang baru ditayangkan pada hari Natal kemarin di bioskop Indonesia.

Baca juga: Throwback Movie: I'll Be Back! Simak Fakta Menarik tentang 'The Terminator'

Film orisinal ini menceritakan tentang pengasuh bernama Mary Poppins (Julie Andrews) yang datang untuk membantu keluarga Banks yang begitu kaya. Selama mengasuh dua anak bernama Jane (Karen Dotrice) dan Michael (Matthew Garber), Poppins menyajikan petualangan seru nan ajaib sembari bernyanyi, joget, dan ditemani oleh karakter-karakter animasi serta teman Poppins, Bert (Dick Van Dyke). Petualangan imajinatif itu pun membantu merekatkan kembali hubungan anak-anak Banks dengan orangtuanya.

Film klasik lawas ini boleh dirilis di era 1960an, namun efek visual dan animasinya tidak jelek sama sekali, terutama pada masanya kala itu. Suara merdu Julie Andrews, koreografi, dan kisah menyentuh ini selalu berhasil membuat para fans bernostalgia tentang daya magis ‘Mary Poppins’.

via GIPHY

Seiring dirilisnya sekuel ‘Mary Poppins Returns’ di bioskop, tak ada salahnya kita bahas sejenak beberapa fakta menarik tentang film orisinalnya.

1. Julie Andrews hampir menolak tawaran peran ini. Mengutip IMDb, Walt Disney secara khusus merekrut Andrews untuk memerankan Mary Poppins setelah melihatnya tampil di pertunjukan ‘Camelot’ di Broadway. Saat direkrut, Andrews bilang dia sedang hamil. Saking yakinnya Andrews adalah pilihan tepat, Disney rela menunggunya sampai melahirkan.

(Walt Disney Productions)

2. Butuh 20 tahun untuk mendapat lisensi ‘Mary Poppins’. Kisah magis ini diadaptasi dari buku berjudul sama karya P.L. Travers. Sejak akhir era 1930an, berkat dorongan anak perempuannya, Walt Disney sudah menghampiri Travers untuk membeli hak cipta karakter Mary Poppins, namun selalu ditolak. Sampai akhirnya, Travers menghampiri Disney untuk melakukan negosiasi dan setuju hak ciptanya dipegang Disney.

3. Pengarang ‘Mary Poppins’ nggak suka filmnya. Sudah menjadi pembahasan umum kalau Travers aslinya tidak menyukai hasil film ‘Mary Poppins’. Dia bahkan mengaku menangis saat pertama kali nonton.

4. Rambut Julie Andrews selama memerankan Mary Poppins adalah wig.

5. Banyak yang tidak suka dengan aksen Inggris-Cockney dari aktor Dick Van Dyke.

(Walt Disney Productions)

6. “Supercalifragilisticexpialidocious” adalah kata sungguhan. Bagi penggemar sejati kisah ini, tentu tahu kata khas supercalifrigilsticexpialidocious yang menjadi salah satu judul lagu. Sekilas kata ini tampak hanya dibuat-buat, namun berdasarkan kamus Oxford English Dictionary, kata tersebut punya arti beneran, yakni “extraordinarily good” dan “wonderful” alias luar biasa bagus atau mengagumkan.

7. Andrews mengalami kecelakaan saat syuting. Dalam wawancara dengan Stephen Colbert, Julie Andrews mengungkapkan kalau dia nyaris meninggal saat syuting ‘Mary Poppins’. Ketika syuting salah satu adegan terbang, dia merasa terpeleset dan jatuh terjerembab ke panggung.

8. Memakan waktu 2,5 tahun untuk 34 lagu. Namanya juga film musikal, sudah pasti membutuhkan banyak lagu. Komposer merangkap penulis lagu Richard Sherman mengatakan dia dan timnya menghabiskan waktu dua setengah tahun untuk membuat 34 lagu.

“Banyak bagian yang tidak terpakai. Dua penulis lain sudah mencoba namun gagal untuk menyenangkan Walt Disney,” ujar Sherman kepada The Guardian.

(Walt Disney Productions)

9. Jadi film terlaris sepanjang 1964. ‘Mary Poppins’ tercatat mendulang pendapatan US$102,2 juta dan jadi film paling laris manis di tahun 1964, mengalahkan film ‘My Fair Lady’ yang sejak awal diprediksi dapat laku keras.

10. Film tersukses Disney di ajang Oscar. ‘Mary Poppins’ mendapat nominasi 13 Academy Awards dan membawa pulang 5 piala, termasuk Best Actress untuk Julie Andrews. Sejak itu, film ini sering dianggap sebagai film produksi Disney paling sukses di malam penghargaan Oscar.

(Walt Disney Productions)

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2156 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Ids Osd 14 January 2020 | 01:10:52

film jaman dulu emang menari untuk di tonton

Miskin aman 24 October 2019 | 04:32:05

film yang sudah lumayan lama sekali nih yah

꧁༒Hunter༒꧂, 24 October 2019 | 00:31:06

jadi tahu nih fakta-faktanya sebelum nonton film Mary poppins

ana mumun 06 September 2019 | 01:08:04

ini dia yang di tunggu tunggu gimana ya akhirnya bikin crita baru

Alam Nurdin 04 September 2019 | 11:46:39

apaan yah merry poppins apaan yah gak tau

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article