home ×
Film

Throwback Movie: Hal-hal Seru yang Terjadi di Drama Tinju Perdana ‘Rocky’

30 November 2018 By
Throwback Movie: Hal-hal Seru yang Terjadi di Drama Tinju Perdana ‘Rocky’
Share
Share
Share
Share

Uzone.id -- Seiring dirilisnya film ‘Creed II’ di bioskop dan pengumuman dari aktor Sylvester Stallone bahwa dirinya akan pensiun memerankan karakter Rocky Balboa, rasanya ingin menonton ulang karya perdana yang menayangkan Rocky untuk pertama kali.

Disutradarai John G. Avildsen, ‘Rocky’ dirilis pada 1976. Kalau dihitung-hitung, usia film fenomenal ini sudah mencapai 42 tahun.

‘Rocky’ menjadi awal karier Stallone di Hollywood. Badannya yang besar serta wajah yang tampak tangguh membuatnya mudah diingat, terlebih akting di luar dan di atas ring tinju. Mungkin hal ini seakan menjadi faktor kemudahan baginya karena karakter Rocky adalah ciptaannya sendiri.

(Metro-Goldwyn-Mayer Studios Inc.)

Film ‘Rocky’ menceritakan seorang laki-laki bernama Rocky Balboa (Stallone) di Philadelphia yang bekerja sebagai penagih utang dan menghabiskan waktu luangnya untuk tinju. Suatu hari, juara tinju kelas berat Apollo Creed (Carl Weathers) mengunjungi Philadelphia dan manajernya mengadakan pertandingan antara Creed dengan petinju amatir yang belum dikenal orang-orang.

Selain menyajikan pertandingan dengan aksi realistis di atas ring tinju yang penuh darah dan pukulan sana-sini, ‘Rocky’ dianggap istimewa karena membawa kisah drama yang penuh perjuangan dan menginspirasi dari seorang Rocky Balboa, underdog yang diremehkan tidak akan memenangkan pertandingan.

(Metro-Goldwyn-Mayer Studios Inc.)

Di edisi Throwback Movie kali ini, ada beberapa trivia menarik tentang The Italian Stallion yang mungkin belum pernah kamu tahu. Cekidot!

1. Stallone sedang dalam keadaan susah sebelum masa produksi. Mengutip IMDb, sebelum syuting dimulai, Stallone tidak punya mobil, uang di rekening banknya hanya US$106, dan nyaris menjual anjingnya karena nggak sanggup memberinya makan.

2. Lisensi Rocky nyaris dibeli. Produser film ini, Irwin Winkler dan Robert Chartoff sangat tertarik dengan naskah yang dibikin Stallone. Mereka sempat menawari Stallone US$35 ribu untuk hak kekayaan intelektual tersebut, namun Stallone menolak. Kemudian dia memberi syarat: dia akan setuju jika dirinya yang membintangi Rocky.

Baca juga: Resensi Film: Emosi Naik Turun di Atas Ring Tinju 'Creed II'

3. Belum juga syuting, Stallone sudah kena tinju. Pemeran Apollo Creed, Carl Weathers tak sengaja meninju dagu Stallone saat sedang audisi. Saat itu Stallone menyarankan Weathers agar lebih santai karena itu hanya audisi. Lucunya, saat itu Weathers belum tahu kalau Stallone adalah aktor sungguhan yang akan memerankan Rocky, serta penulis naskah film.

4. Jadi film dengan pendapatan tertinggi sepanjang 1976!

(Metro-Goldwyn-Mayer Studios Inc.)

5. Inspirasi Stallone membuat naskah adalah pertandingan Muhammad Ali. Dia mengaku, setelah menonton pertandingan Chuck Wepner-Muhammad Ali pada 24 Maret 1975 di Ohio, memberinya ide besar mengenai kisah underdog melawan sang bintang tinju. Wepner memiliki kemampuan tangguh namun semua orang menilai dia nggak akan sanggup melawan Ali, tapi tetap mampu memukuli Ali beberapa kali dengan hantaman tinjunya.

5. Stallone berhenti merokok! Selama proses syuting, Stallone tergerak untuk berhenti merokok karena dia mengaku jadi sering kesulitan bernapas saat melakukan aksi fisik.

7. Stallone dan Weathers sempat mengalami berbagai cedera. Meski hanya akting, tetap saja keduanya luka-luka saat syuting untuk pertandingan akhir. Stallone mengalami memar tulang rusuk, sementara Weathers mengalami cedera hidung.

8. Jadi film bertema olahraga pertama yang berhasil menyabet piala Oscar di ajang Academy Awards 1977!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id