home ×
Film

Throwback Movie: Nostalgia ‘Ada Apa Dengan Cinta?’ yang Dirilis 17 Tahun Lalu

04 January 2019 By
<i>Throwback Movie</i>: Nostalgia ‘Ada Apa Dengan Cinta?’ yang Dirilis 17 Tahun Lalu
Share
Share
Share
Share

(Foto: Miles Productions)

Uzone.id -- Ini baru hari ke-empat tahun 2019, nggak apa-apa ya galau sedikit untuk mengenang tentang salah satu film drama percintaan yang kekal di benak generasi muda (pada masanya) hingga masa sekarang. Itu lho, cerita tentang Cinta yang jatuh cinta dengan Rangga.

Mumpung masih dalam suasana kisah menggelitik ‘Milly & Mamet’, edisi Throwback Movie pekan ini kita nostalgia sejenak yuk tentang film yang menjadi awal mula terciptanya geng Cinta yang begitu populer serta karakter Mamet yang culun namun disayang semua orang.

Baca juga: Throwback Movie 'Mary Poppins' Orisinal yang Dirilis 1964

Disutradarai Rudy Soedjarwo, ‘Ada Apa Dengan Cinta?’ dirilis pada 2002. Film drama percintaan ini mengisahkan tentang anak SMA populer bernama Cinta (Dian Sastrowardoyo) yang punya geng berisi teman-teman perempuan populer lainnya, yakni Karmen (Adinia Wirasti), Milly (Sissy Priscillia), Maura (Titi Kamal), dan Alya (Ladya Cheryl).

Kelima perempuan tersebut sahabat sejati banget, ke mana-mana bareng, sampai-sampai kalau benci sama satu orang, yang lain juga harus benci dengan orang bersangkutan. Semua berubah ketika suatu hari, Cinta dibikin penasaran dan naksir oleh seorang cowok di sekolahnya yang pendiam dan puitis bernama Rangga (Nicholas Saputra).

(dok. Miles Productions)

‘AADC’ mengandung unsur klasik yang rasanya tak akan basi jika ditonton kapanpun. Gara-gara film ini, puisi ‘Aku’ karya Syumandjaja jadi digandrungi. Semua cowok ingin seperti Rangga dan semua cewek pengin dapat pacar seperti Rangga.

Belum lagi akting dan chemistry yang natural, wajah-wajah jadul tiap pemain dan tren awal 2000an yang mengundang rasa nostalgia, lagu soundtrack karya Melly Goeslaw yang nggak ada matinya, dan tentunya sejumlah adegan ikonis seperti jalan bareng di Kwitang, joget berlima di kamar masih pakai seragam SMA, dan ciuman di bandara.

Dialog-dialog khas film ini juga rasanya akan selalu menempel di kepala. “Salah gue? Salah temen-temen gue?”, “Basi! Madingnya udah siap terbit!”, sampai “Pecahkan saja gelasnya biar ramai.

(dok. Miles Productions)

Setelah 17 tahun dirilis, ada sejumlah fakta menarik dari film yang diproduseri oleh duo Riri Riza dan Mira Lesmana ini. Penasaran apa saja? Simak terus!

1. Sempat menerima kontroversi yang menuntut sensor dari sejumlah kalangan masyarakat Indonesia. Apalagi kalau bukan karena adegan ciuman bibir di bandara. Maklum, ini adalah film remaja pertama Indonesia yang mengandung adegan ciuman bibir.

2. Syuting film ini lokasinya di SMA Kolase Gonzaga, Jakarta Selatan. Sang sutradara, Rudy Soedjarwo dan Dennis Adhiswara yang memerankan Mamet sama-sama lulusan SMA ini.

(dok. Miles Productions)

3. Awalnya Riri Riza yang duduk di kursi sutradara. Sejak berhasil membangkitkan sinema Indonesia yang sempat padam melalui ‘Petualangan Sherina’ tahun 2000, Riri ditunjuk untuk jadi sutradara film ini namun tidak jadi karena dia melanjutkan pendidikan di luar negeri. Setelah melihat film ‘Bintang Jatuh’ yang digarap oleh Rudy, Riri memercayakan ‘AADC’ di bawah komandonya.

4. Punya judul versi lain. Kita semua tahu kalau versi Inggrisnya, film ini diberi judul ‘What’s Up With Love?’ yang betul-betul terjemahan langsung dari kata Ada Apa Dengan Cinta. Namun, film ini rilis di Jepang dengan judul ‘Beautiful Days’.

5. Saking larisnya, sampai ada sinetronnya! Hayooo, siapa yang masih ingat kalau film ini diadaptasi ke dalam sinetron? Pakai judul sama, sinetron ini dibintangi oleh pemain-pemain berbeda, di antaranya Ririn Dwi Ariyanti sebagai Cinta dan Revaldo sebagai Rangga. Sinetron ini menceritakan kelanjutan nasib Cinta yang menunggu kepulangan Rangga dari Amerika.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2996 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Ids Osd 15 January 2020 | 21:07:17

apa hubungannya kok bisa ngatain seperti itu belum kelar

꧁༒Hunter༒꧂, 27 October 2019 | 21:33:51

apa hubungannya kok bisa ngatain seperti itu belum kelar

Miskin aman 24 October 2019 | 04:31:15

mungkin sangat bernostalgia sekali nontonnya

Code ERROR 404 12 October 2019 | 13:05:50

apa hubungannya kok bisa ngatain seperti itu belum kelar

Alam Nurdin 04 October 2019 | 11:10:25

aalah aatu yang paling ditonton pada saat itu

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article