Throwback Movie: Petualangan Mencekam Misi NASA di ‘Apollo 13’

12 October 2018 by
<i>Throwback Movie:</i> Petualangan Mencekam Misi NASA di ‘Apollo 13’

Uzone.id - Misi menuju Bulan yang digagas NASA sejak era 1960an begitu ikonis lantaran pencapaian besar yang dilakukan Neil Armstrong beserta timnya. Lumrah jika NASA ingin melahirkan Armstrong-Armstrong berikutnya.

Pekan ini, film anyar garapan Damien Chazelle ‘First Man’ dirilis di bioksop. Euforianya mulai terasa, karena kisah Armstrong sebagai astronaut sangat dekat dengan publik — bersama tim Apollo 11, dia menjadi manusia pertama yang menginjakan kaki di Bulan.


via GIPHY


Film tentang penjelajahan antariksa oleh astronaut tentu bukan hanya ‘First Man’, baik fiksi maupun dari kejadian nyata.

Nah, edisi Throwback Movie kali ini, yuk bahas salah satu film yang masih berkaitan dengan kelanjutan misi Apollo setelah keberhasilan Armstrong, yakni ‘Apollo 13’.

Sebelum nostalgia, ‘Apollo 13’ dirilis pada tahun 1995. Jadi, kalau dihitung usia film garapan Ron Howard ini sudah 23 tahun, lho.

Diambil dari kisah nyata, ‘Apollo 13’ mengisahkan tentang misi Apollo 13 dari NASA yang ingin mengikuti kesuksesan pendaratan di Bulan.



Bedanya, ‘Apollo 13’ menyuguhkan kisah mencekam. Setelah meluncur ke luar angkasa dari Bumi, tim astronaut yang terdiri dari Jim Lovell (Tom Hanks), Fred Haiss (Bill Paxton), dan Jack Swigert (Kevin Bacon) malah mengalami kendala ketika tangki oksigen meledak. Terpaksa jadwal pendaratan di Bulan ditunda.

Dengan nuansa serba tegang, NASA pun harus menyusun strategi untuk mengembalikan tim Apollo 13 ke Bumi dengan selamat. Mau bagaimanapun, ini adalah pertaruhan nyawa.

Sebenarnya kalau mau merasakan bagaimana perjuangan dalam bertahan hidup dari film ini, kamu harus menonton ulang, gaes. Apalagi jika mengingat keberhasilan Armstrong dkk melalui Apollo 11 yang berlangsung dengan lancar, makin terasa bagaimana agresifnya NASA untuk memajukan industri keantariksaan.

Dari ‘Apollo 13’ ada beberapa trivia menarik yang mungkin belum kamu tahu. Baca terus, deh!

1. Para aktor nyobain simulator gravitasi. Persiapan para aktor nggak cuma sekadar pendalaman karakter, tapi juga secara fisik.

Tom Hanks, Bill Paxton, Kevin Bacon, dan Gary Sinise mengunjungi program US Space and Rocket Center Space Camp untuk mencicipi simulator sebelum syuting dimulai agar mereka bisa merasakan betul bagaimana rasanya di lingkungan nol gravitasi.

2. Brad Pitt tolak bermain di film ini dan memilih berperan di film thriller ‘Se7en’ garapan David Fincher.

3. Tom Hanks dipilih karena dia geek banget sama dunia antariksa. Lucunya, Jim Lovell sungguhan bilang kalau aktor Kevin Costner lebih mirip dengannya, tapi nggak pernah masuk kandidat pemain film ini.

4. Saat tahu Tom Hanks memerankan dirinya, Jim Lovell mengirim telegram. Isi pesan telegram untuk Hanks berbunyi, “Welcome aboard Apollo 13.”

via GIPHY



5. Biaya pembuatan satu seragam astronaut mencapai US$30 ribu atau setara Rp456 juta.

6. Manusia kedua yang menginjakkan kaki ke Bulan suka filmnya. Dari pengakuan sutradara Ron Howard, Buzz Aldrin sangat terpukau sampai-sampai dia minta rekaman adegan peluncuran pesawat antariksa dari film ini untuk NASA.

7. Ada asteroid diberi nama Tom Hanks! Berkat perannya yang begitu membekas sebagai Jim Lovell, sebuah asteroid diberi nama “12818 Tomhanks (1996 GU8)” pada 1996 sebagai bentuk penghormatan untuk sang aktor.

Apa Reaksi Anda ?

Love
67%

Suka

Laugh
33%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
375 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Heru Siska 15 October 2018 | 18:14:29

film anyar garapan damien chazelle first man dirilis di bioskop

Imam Mustofa 15 October 2018 | 16:36:39

keren petualangan di luar angkasa di apollo 13

Gilang Narasrestha 15 October 2018 | 16:35:58

film yg bagus pasti bagus

sony atmaja 15 October 2018 | 14:17:47

sungguh film tidak biasa krn bercerita ttng antariksa

Rossi Yamaha 15 October 2018 | 14:05:48

kisah film yang mencekam luar angkasa

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top