icon-category Film

Throwback Movie: Sihir Abadi ‘Home Alone’ di Setiap Perayaan Natal

  • 21 Dec 2018 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id -- Hooray! Sebentar lagi Natal tiba! Selain menghiasi rumah, mempersiapkan diri untuk berdoa, serta masak makanan enak, Natal juga identik dengan tontonan khas yang melengkapi perayaan ini. Salah satu tontonan ‘wajib’ anak-anak (serta orang dewasa) adalah ‘Home Alone’.

    Nggak terasa gaes, ‘Home Alone’ dirilis pada 1990. Artinya, film klasik bertema Natal ini usianya sudah 28 tahun! Meski sudah lama, ‘Home Alone’ seakan punya sihir abadi yang akan selalu menemani kita semua di setiap perayaan Natal yang begitu hangat.

    Baca juga: 'The Little Mermaid', Kisah Klasik Kerajaan Bawah Laut Seperti 'Aquaman'

    Disutradarai Chris Columbus, kisah ‘Home Alone’ sangat ikonis. Dibintangi oleh Macaulay Culkin yang dulunya menjadi aktor anak paling hits, film ini menceritakan Kevin McCalister, anak usia 8 tahun yang dianggap sering bikin masalah di keluarga, yang ditinggal oleh keluarga besarnya pergi berlibur Natal ke Paris. Selama sendirian di rumah, Kevin pun harus berjuang menjaga rumahnya dari dua perampok, Harry (Daniel Stern) dan Marv (Joe Pesci).

    Jalan cerita yang begitu sederhana, namun tetap menyenangkan saat ditonton ulang karena hampir semua elemen di dalamnya terasa “nggak basi”. Mulai dari musik score besutan John Williams yang begitu magis, rumah besar McCalister yang sangat besar dan homey, dinamika keluarga yang dapat dimengerti kebanyakan orang, dua perampok yang tampak begitu jahat namun ternyata cemen, adegan-adegan ikonis seperti nyanyi di kamar mandi hingga nonton film hitam-putih, hingga karakter Kevin sendiri yang diperankan dengan apik oleh Culkin.

    via GIPHY

    Edisi Throwback Movie kali ini, yuk simak deretan trivia seru tentang ‘Home Alone’!

    1. Culkin hanya diperbolehkan bekerja di lokasi syuting 5 jam per hari karena aturan hukum mengenai perbudakan anak di Amerika.

    2. Dua aktor yang memerankan perampok, Pesci dan Stern awalnya tidak yakin film ini akan sukses secara komersial. Makanya mereka berusaha akting sekeren mungkin.

    via GIPHY

    3. Masih ingat dong, adegan ketika Kevin menemukan foto perempuan di kotak barang-barang kakaknya, Buzz (Devin Ratray). Well, aslinya itu adalah foto anak laki-laki yang didandani seperti perempuan.

    via GIPHY

    4. Film hitam-putih yang ditonton Kevin di ruang TV bukan film asli, melainkan rekaman yang khusus dibuat untuk keperluan syuting. Video itu diberi judul ‘Angels With Filthy Souls’. Meski begitu, rekaman tersebut menjadi salah satu elemen khas ‘Home Alone’ karena kerap dipakai untuk mengelabui orang.

    5. Sang sutradara, Columbus tertarik menerima tawaran untuk menggarap film ini karena masa kecilnya. Bukan karena dia pernah ditinggal liburan oleh keluarganya, namun ketakutan terbesarnya saat kecil adalah perampok.

    via GIPHY

    6. Kesuksesan film ini mengantarkan Columbus ke sejumlah proyek film besar. Selain menggarap sekuel ‘Home Alone 2: Lost in New York’, Columbus menggarap ‘Mrs. Doubtfire’ hingga dua film pertama seri ‘Harry Potter’.

    7. Aktris Catherine O’Hara yang memerankan ibunya Kevin mengungkapkan pada 2014 kalau Culkin masih memanggilnya “mom.

    via GIPHY

    8. Teriakan ikonis karakter Marv ketika ada tarantula di wajahnya tidak dibuat-buat alias natural. Stern mengaku, dia plong teriak sekencang-kencangnya karena dia diberi tahu oleh pakar hewan bahwa tarantula tidak punya telinga.

    via GIPHY

     

    9. Adegan akhir ketika salju turun dengan lebatnya di luar rumah Kevin bukan salju sungguhan, melainkan serpihan kentang tumbuk (mashed potato).

    via GIPHY

    10. Film ini masuk The Guinness Book of World Records sebagai film komedi dengan pendapatan tertinggi. Tercatat ‘Home Alone’ berhasil meraup sekitar US$476 juta skala global.

    via GIPHY

    Siapa yang siap nonton ulang ‘Home Alone’?

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini