icon-category Auto

Ingat! Hari Ini Cikampek Sampai Kalikangkung Berlaku Skema One Way

  • 21 Dec 2019 WIB
  • Bagikan :

    Ilustrasi Tol (Dok Kementerian PUPR)

    Uzone.id - Sejak Sabtu (21/12/2019) dari pukul 06.00 WIB sampai Pukul 18.00 WIB nanti, Kementerian Perhubungan bersama Korps Lalu Lintas Polri menerapkan skema one way atau sistem satu arah di Tol Cikampek.

    Hal ini untuk mengantisipasi kepadatan arus lintas di musim libur Natal dan Tahun Baru, yang diprediksi bakal menjadi puncak dari arus mudik.

    Sistem satu arah ini akan berlangsung mulai dari km 70 Cikampek Utama (Cikatama) sampai km 424 Gerbang Tol Kalikangkung.

    Baca juga: Hasil Uji Tol Layang Japek, Bikin Mual

    "Dari Kakorlantas disampikan bahwa prediksi peningkatan pemudik atau pengguna jalan sebesar 6 persen, dibandingkan periode libur Natal tahun lalu, atau meningkat 49 persen bila dibandingkan dengan hari biasa," ucap Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) Budi Setiyadi, dalam keterangan resminya.

    "Selain itu, karena telah kami berlakukan pembatasan operasional mobil barang pada 20 dan 21 Desember salah satunya di sepanjang jalan tol Cipali sehingga diharapkan akan memudahkan pengendalian dari petugas di jalan tol dan pengalihan kendaraan yang akan menuju ke Jakarta melalui jalur Pantura," kata dia.

    Baca juga: Gimana Kalau Mogok dan Kecelakaan di Tol Layang?

    Untuk mengatur jalannya sistem one way ini, petugas mengatur lalu lintas kendaraan di ruas jalan tol Cikampek Utama KM 70, Purwakarta, Jawa Barat.

    Selain itu PT Jasa Marga (Persereo) Tbk memberlakukan sistem satu arah (one way) sejak pukul 14:05 WIB untuk kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta yang dimulai dari gerbang tol Kalikangkung KM 414 hingga gerbang tol Cikampek Utama KM 70 yang rencananya akan diberlakukan hingga Minggu

    Budi menyampaikan bila Kakorlantas Brigjen Pol Istiono menilai bila daya tampung Tol Cipali dengan kondisi dua lajur tidak berimbang saat menerima arus dari Tol Cikampak yang memiliki lima jalur. Lantaran hal itu, diprediksi bakal ada kemacetan pada rest area sepanjang Cipali.

    VIDEO 5 PERTIMBANGAN SEBELUM MEMBELI SUZUKI BALENO FACELIFT

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini