home ×
Digilife

Instagram dan Facebook Bakal Menandai Berita Hoaks

24 October 2019 By
 Instagram dan Facebook Bakal Menandai Berita Hoaks
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Uzone.id - Instagram telah memperkenalkan fitur baru untuk memberantas berita bohong alias hoaks, yaitu label false information.

Mengutip Bustle, pengguna akan mendapatkan peringatan berupa label tersebut saat ada unggahan yang mengandung berita palsu.

Baca juga: Nyobain Foto Bokeh Pakai Galaxy M30s, Hasilnya?

Label yang muncul secara pop-up ini juga memuat pilihan “see post” atau “see why” untuk mencari tahu alasan konten tersebut dilabeli.

Fitur ini juga akan muncul di Facebook. Fitur ini dihadirkan untuk mengatasi penyebaran hoaks menjelang pemilu Amerika Serikat pada 2020.

“Label ini akan ditampilkan di foto dan video yang secara keseluruhan atau sebagian mengandung informasi palsu, termasuk juga di Instagram Stories, dan akan dihubungkan dengan penilaian dari tim pemeriksa fakta (fact-checker),” tulis Facebook dalam siaran pers pada 21 Oktober, mengutip Bustle.

Selain melabeli, Facebook juga akan mengambil tindakan lebih lanjut untuk mencegah penyebaran hoaks.

Baca juga: Hasil Foto-foto Pakai Kamera 48MP Galaxy M30s

“Di banyak negara, termasuk di Amerika Serikat, jika kami mendapatkan sinyal bahwa ada konten palsu, kami membatasi pendistribusiannya untuk sementara waktu, sambil menunggu tinjauan dari pihak ketiga, yaitu pemeriksa fakta,” tulis Facebook lebih lanjut.

Ingat, fitur ini juga berlaku untuk unggahan kalian di Instagram Stories. Kalau kalian mencoba membagikan konten yang tidak sepenuhnya benar, ada sebuah label yang muncul secara pop-up. Jadi, kalian wajib saring dulu sebelum sharing.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article