Jejak Kaki Nabi Adam Berukuran Raksasa di Sri Lanka

13 March 2018 by
 Jejak Kaki Nabi Adam Berukuran Raksasa di Sri Lanka

Uzone.id - Panorama bak surga tersaji di Kawasan Adam’s Peak atau Puncak Adam yang berada di pegunungan Samanala, antara Distrik Ratnapura dan Nuwara Eliya, Provinsi Sabaragamuwa, Sri Lanka.

Tempat ini juga dinamai Sri Pada (jejak kaki suci) atau Bawa Adam Malai (Gunung Bapak Adam) yang punya ketinggian 2.243 meter dan terletak di tengah-tengah pulau Sri Lanka.

Bukit menjulang menggapai langit dipercaya tempat Nabi Adam menjejakkan kaki di dunia setelah terusir dari surga atas perintah Tuhan oleh umat Muslim, Kristen dan Yahudi.

Tanda-tanda Adam pernah berada di sana, ada peninggalan mirip prasasti berupa jejak kaki raksasa dengan ukuran panjang 183 cm dan lebar 100 cm.

Disucikan umat Hindu dan Budha

Uniknya, jejak kaki itu tak cuma disucikan oleh agama samawi, umat Budha, umat Hindu hingga kepercayaan lokal dari suku Srilanka juga mengeramatkan situs tersebut.

Mereka berbondong-bondong melakukan ziarah ke Bukit Adam.

Kalau umat Hindu memberi nama tempat suci itu, Sivan Adi Padham. Mereka percaya jejak kaki raksasa itu bekas pijakan tarian Dewa Shiva.

Umat Budha percaya jika jejak Budha yang tercetak di batu safir adalah kunjungan terakhirnya di Srilanka.

Umat Kristen Portugis percaya jejak kaki raksasa itu milik Santo Thomas saat menyebarkan agama Kristen di Srilanka.

Nama labahasa Sinhala adalah Samanalakanda, yakni merujuk kepada dewa Saman, yang dikatakan pernah menetap di gunung ini pada zaman dahulu, atau juga merujuk kepada kupu-kupu (samanalayā) yang sentiasa berkunjung ke gunung ini ketika musim migrasinya ke wilayah tersebut.

Nama bersejarah lain menurut penduduk setempat adalah Ratnagiri ("bukit permata"), Samantakuta ("Puncak Saman"), Svargarohanam ("mendaki ke surga"), Gunung Rohana dan variasi turun-temurun Rohana.

Puncak Adam punya nama lain, Samanalakanda, merujuk kepada dewa Saman, yang konondddtanya

katanya pernah tingagl di gunung ini. Ada juga menamai gunung kupu-kupu merujuk tempat ini menjadi lokasi migrasi kupu-kupu di musimnya.

Nama lain lain menurut penduduk setempat adalah Ratnagiri (bukit permata), Samantakuta (Puncak Saman), Svargarohanam (mendaki ke surga), Gunung Rohana dan variasi turun-temurun Rohana.

Umat Muslim percaya jejak kaki raksasa itu milik Nabi Adam saat menginjakkan kaki pertama kali di bumi. Hal itu diperkuat oleh hadits shahih Imam Bukhori dan Muslim jika Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan jika Nabi Adam memiliki tinggi badan 60 hasta atau 27,4 meter.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
4 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
agus kurniawan 21 April 2018 | 12:24:58

nama lain lain menurut penduduk setempat adalah ratnagiri samantakuta svargarohanam gunung rohana dan variasi turuntemurun rohana.

nirhaenan emion 13 March 2018 | 22:00:36

👌👌👌👌

Sardi Shahibbaitullah 13 March 2018 | 21:12:05

dalam alquran yang pasti semua nya tepat mau angkasa bumi alam lautan hewan pokok nya best dan ilmuan menyusul menemukan fakta tetap aja gak bakal menemukan rahasia maha kuasa.

adhe3113 ah 13 March 2018 | 20:08:38

up

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top