icon-category Digilife

Kerjasama 3 Raksasa Teknologi Hadirkan Sign In Tanpa Password

  • 07 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Yura Fresh/Unsplash

    Uzone.id - Kabar gembira bagi kalian yang sering lupa password ketika sign-in di berbagai platform, pasalnya 3 raksasa teknologi Apple, Google dan Microsoft telah mengumumkan kerjasama untuk mengadopsi sign-in passwordless alias masuk tanpa kata sandi.

    Sign-in tanpa kata sandi ini sudah hadir semenjak beberapa waktu lalu, dan 3 giant tech ini bekerja sama untuk memperluas dukungan mereka terhadap standar sign in tanpa password yang diciptakan FIDO atau Fast IDentity Online bersama dengan World Wide Web Consortium.

    Selain kerjasama tersebut, Apple Dkk juga memastikan bahwa implementasi ini kompatibel satu sama lain. Nantinya, pengguna akan menggunakan autentikasi FIDO di ponsel dan juga tablet untuk masuk ke aplikasi atau website di perangkat terdekat.

    Baca juga: Uzone.id dan Cashbac Gelar Lomba Potret Momen Keseruan Mudik dan Lebaran

    Mengutip Engadget, Teknologi ini nantinya memungkinkan aplikasi dan website untuk sign-in di berbagai perangkat dan platform menggunakan PIN dan pemindaian biometrik seperti fingerprint dan Face ID. 

    Jadi, gak perlu lagi tuh susah-susah mengingat banyak password unik ketika sign-in ke berbagai platform.

    Protokol ini sudah hadir di berbagai aplikasi dan website, Apple Dkk juga telah dan sedang mengimplementasikannya ke layanan mereka sendiri. Ini akan menjadi langkah besar bagi FIDO sebagai organisasi yang mendorong sign-in tanpa password.

    Baca juga: 5 Manfaat Unik Layanan VPN, Maksimalkan WFH Hingga Kencan Online

    Selain lebih praktis, masuk tanpa kata sandi juga disebut dapat meningkatkan keamanan dan juga kenyamanan bagi penggunanya. Upaya ini diharapkan bisa mencegah serangan phishing yang sering kali menipu pengguna lewat kata sandi.

    Upaya ini mungkin tak hadir di waktu dekat, pasalnya Apple, Google, dan Microsoft berencana menghadirkan fitur passwordless yang sudah disempurnakan di tahun yang akan datang. 

    Pengguna mungkin harus menunggu pembaruan sistem operasi untuk melihat fitur dan peningkatan ini.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini