Technology

Ketika Teknologi Dalam Kartun Diwujudkan Dalam Bentuk Nyata

  • 06 July 2017
  • Bagikan :

    Mungkin kamu telah melihat beberapa teknologi dalam film yang menjadi nyata. Termasuk dari film animasi, yang mungkin bisa disebut konyol untuk diwujudkan.

    Namun tidak bagi tim peneliti dari Jepang ini asal Universitas Tokyo ini. Mereka kini tengah merancang cara baru untuk pesawat luar angkasa agar bisa masuk kembali ke atmosfer bumi dengan lebih aman.

    Menurut Asahi.com, metode memasuki atmosfer yang lebih aman ini terinspirasi oleh anime atau kartun populer Mobile Suit Z Gundam, sebuah kartun Jepang yang menampilkan pertempuran robot raksasa di luar angkasa.

    Dalam film tersebut, mekanisme hemispherical yang disebut "ballute" digunakan untuk membawa mobile suit -sebutan robot raksasa dalam film- ke atmosfer.

    Para peneliti memutuskan untuk melakukan percobaan dengan perangkat ini dalam pengujian mereka untuk melihat apakah konsep semacam itu bisa menjadi kenyataan bagi perjalanan luar angkasa.

    Mereka memilih mikro-satelit yang diberi nama EGG untuk proyek ini, perangkat disambungkan ke EGG untuk melihat apakah mereka bisa meniru hasil dari film tersebut.

    Temuan mereka menyimpulkan bahwa bola "ballute" tersebut benar-benar memperlambat satelit, menggunakan aeroshell yang melindungi panas untuk bertindak sebagai parasut pelindung dan membiarkan EGG meluncur kembali ke Bumi dengan selamat.

    Jika diimplementasikan, metode ini dapat mengurangi pemanasan aerodinamis atmosfer untuk penerbangan dalam kecepatan tinggi dari luar angkasa ke bumi, terlebih yang membawa astronot. "EGG akan berguna untuk membawa sampel dari luar angkasa dan juga menjelajahi planet atmosfer seperti Mars," kata Kojiro Suzuki, anggota tim dan profesor teknik kedirgantaraan Universitas Tokyo dilansir daru Asahi.

    Serial Gundam adalah salah satu properti penjualan terlaris di dunia. Mereka mencatat penjualan hingga 5 miliar dolar Amerika pada tahun 2000.Serial ini dipuji karena kreativitas ilmiahnya, dengan kata-kata seperti "realistis" dan "imajinatif" sering digunakan untuk menggambarkan beberapa teknologi yang ditampilkan.