icon-category Digilife

Kumpulkan Data Pengguna Anak-anak, Aplikasi Disney Dihapus dari Play Store

  • 26 Oct 2020 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Tidak selalu mudah bagi pembuat aplikasi untuk menghindari pelanggaran privasi anak-anak, dan beberapa dari pengembang tersebut mengalaminya secara langsung, termasuk Disney.

    Seperti disitat Uzone.id dari TechCrunch, Senin (26/10) melaporkan bahwa Google telah menghapus  game besutan Disney seperti Princess Salon , Number Coloring and Cats & Cosplay.  Aplikasi Android sendiri sudah punya dengan gabungan 20 juta unduhan Play Store.

    Baca juga: 21 Aplikasi Ini Mengandung Malware, Hapus Segera

    Alasan Google menghapus aplikasi Disney ini, setelah International Digital Accountability Council (IDAC) menemukan bahwa mereka melanggar kebijakan pengumpulan data Google.

    Aplikasi tersebut menggunakan versi Unity, Appodeal dan Umeng yang versi kit dimana pengembangnya dilaporkan mengumpulkan info ID Android dan Android Advertising ID (AAID).

    Jika sebuah aplikasi mengirimkan AAID bersama dengan data persisten lainnya, termasuk ID Android, kemungkinan melanggar perlindungan privasi Google dan melacak pengguna. Selain itu masalah lainnya, aplikasi Disney itu ditujukan untuk audiens pra-remaja.

    Baca juga: Karyawan Tesla Disuap Agar Bisa Susupi Ransomware


    “Google mengambil tindakan setiap kali ada aplikasi yang melanggar kebijakan. Aplikasi ini melanggar aturan yang melarang penggunaan perangkat pengembang yang tidak disetujui untuk layanan yang ditujukan untuk anak," kata Google.

    Belum ada komentar dari Disney mengenai masalah ini.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini